PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DENGAN MEDIA MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VII SMP NEGERI 04 RANDUDONGKAL PEMALANG


Rohyati, 3301411006 (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DENGAN MEDIA MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VII SMP NEGERI 04 RANDUDONGKAL PEMALANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3301411006-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode yang sering digunakan guru pada mata pelajaran PKn adalah menggunakan metode ceramah yang cenderung berpusat pada guru, sehingga suasana pembelajaran menjadi membosankan. Akhirnya berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karen itu, diperlukan inovasi dalam penggunaan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif agar mencapai hasil belajar yang optimal. Model pembelajaran mind map dan diskusi dapat dijadikan alternatif yang dapat mendorong siswa aktif mengembangkan potensi yang dimiliki. Permasalahan yang diambil adalah: 1) Bagaimanakah aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran PKn yang menggunakan metode pembelajaran diskusi dengan media mind map dan diskusi konvensional di SMP Negeri 04 Randudongkal, 2) Adakah perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mendapatkan pembelajaran metode diskusi dengan media mind map dan diskusi konvensional di SMP Negeri 04 Randudongkal. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui bagaimana aktivitas belajara siswa dalam proses pembelajaran PKn yang menggunakan metode pembelajaran diskusi dengan media mind map dan diskusi konvensional di SMP Negeri 04 Randudongkal, 2) mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar PKN antara siswa yang mendapatkan pembelajaran metode pembelajaran diskusi dengan media mind map dan diskusi konvensional di SMP Negeri 04 Randudongkal. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 04 Randudongkal tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 65 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu pengembilan sampel dari populasi secara acak dalam populasi itu. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Teknik pengumpulan data diambil melalui tes, dokumentasi dan observasi. Data penelitian dianalisis menggunakan uji validitas, reabilitas, taraf kesukaran soal, uji kesamaan rata-rata sampel, dan uji T test. Hasil penelitian menunjukan rata-rata aktivitas belajar siswa dalam dua kali pertemuan yaitu kelas eksperimen sebesar 77,18 dan kelas kontrol 75,10. Sementara rata-rata nilai hasil postes kelas eksperimen sebesar 81,7, sedangkan kelas kontrol sebesar 72,88. Uji hipotesis menggunakan program SPSS 21. Diperoleh t hitung sebesar 4,759 t tabel dengan dk 2n – 2 = 62 pada taraf signifikan 0,05 adalah 1,670, sehingga t hitung > t tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berarti ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran diskusi menggunakan media mind map efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 04 Randudongkal Kabupaten Pemalang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran mind map, model diskusi, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 17:14
Last Modified: 13 Nov 2015 17:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22171

Actions (login required)

View Item View Item