PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MELALUI MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN MEDIA BERITA DALAM SURAT KABAR PADA SISWA KELAS X-4 TKJ SMK NU UNGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Triya Oktavia , 2101410045 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MELALUI MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN MEDIA BERITA DALAM SURAT KABAR PADA SISWA KELAS X-4 TKJ SMK NU UNGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101410045-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Menulis teks eksposisi merupakan keterampilan yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia untuk menyampaikan informasi sejelasjelasnya, menambah wawasan, dan pengetahuan. Berdasarkan hasil observasi di kelas X-4 TKJ SMK NU Ungaran menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks eksposisi siswa masih rendah. Pembelajaran melalui model investigasi kelompok dengan media berita dalam surat kabar merupakan upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X-4 TKJ SMK NU Ungaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana peningkatan proses pembelajaran; (2) bagaimana perubahan sikap religius; (3) bagaimana perubahan sikap sosial; (4) bagaimana peningkatan pengetahuan; dan (5) bagaimana peningkatan keterampilan siswa kelas X-4 TKJ SMK NU Ungaran dalam pembelajaran menulis teks eksposisi melalui model investigasi kelompok dengan media berita dalam surat kabar. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang diawali dengan prasiklus kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus I dan siklus II. Masingmasing siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan cara tes dan nontes. Alat pengambil data tes yang digunakan berupa tes pengetahuan dan keterampilan menulis teks eksposisi, sedangkan alat pengambil data nontes yang digunakan adalah pedoman observasi, jurnal guru dan siswa, catatan harian siswa, wawancara guru dan siswa, serta dokumentasi foto. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksposisi dan model investigasi kelompok dengan media berita dalam surat kabar. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) peningkatan proses pembelajaran menulis teks eksposisi dari siklus I ke siklus II sebesar 25,185%; (2) perubahan sikap religius siswa sebesar 7,407%; (3) perubahan sikap sosial jujur sebesar 25,926%, peduli sebesar 29,63%, santun sebesar 18,519%, dan tanggung jawab sebesar 59,259%; (4) peningkatan pengetahuan menulis teks eksposisi dari prasiklus ke siklus II sebesar 88,889%, sedangkan pada siklus I ke siklus II meningkat 57,978%; (5) peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi mengalami peningkatan dan dapat memenuhi target KKM yang diharapkan, yaitu dari prasiklus ke siklus II sebesar 88,889%, sedangkan pada siklus I ke siklus II meningkat 76,389%. ii Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa menulis teks eksposisi siswa kelas X-4 TKJ SMK NU Ungaran mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran melalui model investigasi kelompok dengan media berita dalam surat kabar. Selain itu perilaku siswa juga mengalami peningkatan menjadi lebih baik atau positif. Saran yang dapat diberikan peneliti, yaitu (1) guru mata pelajaran bahasa Indonesia hendaknya menggunakan model investigasi kelompok dengan media berita dalam surat kabar sebagai salah satu alternatif karena terbukti dapat meningkatkan pembelajaran menulis teks eksposisi, (2) penerapan model investigasi kelompok dengan media berita dalam surat kabar diharapkan dapat digunakan sebagai masukan bagi peneliti lain dalam rangka melakukan penelitian yang serupa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: teks eksposisi, investigasi kelompok, berita.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 17:12
Last Modified: 13 Nov 2015 17:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22169

Actions (login required)

View Item View Item