KEEFEKTIFAN METODE PRAKTIKUM BERBASIS INQUIRY BASED LEARNING (IBL) PADA PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI MATERI LARUTAN PENYANGGA

Anna Nashrullah , 4301411031 (2015) KEEFEKTIFAN METODE PRAKTIKUM BERBASIS INQUIRY BASED LEARNING (IBL) PADA PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI MATERI LARUTAN PENYANGGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2860Kb)

    Abstract

    Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa serta mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi larutan penyangga. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru, kenyataan di SMA N 1 Comal menunjukkan bahwa pembelajaran kimia pada materi larutan penyangga tidak dilakukan praktikum. Sarana dan prasarana laboratorium sudah memadai. Kondisi tersebut akan berkaitan dengan hasil belajar siswa masih rendah dengan rata-rata hasil belajar sebesar 68,41 dan ketuntasan hasil belajar klasikal belum mencapai 75% serta keterampilan proses sains yang rendah. Salah satu metode pembelajaran yang menunjang keberhasilan belajar mengajar adalah metode praktikum yang berbasis Inquiry Based Learning (IBL). Pembelajaran dengan menggunakan IBL memberikan ruang bagi siswa untuk belajar secara mandiri dan mengeksplorasi sekreatif mungkin dalam memecahkan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPA 4, dan XI IPA 5 SMA Negeri 1 Comal. Sampel penelitian diambil dua kelas dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran dengan metode praktikum berbasis IBL sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran dengan metode praktikum tanpa berbasis IBL. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan dengan memberikan pre tes sebelum mendapatkan perlakuan, dilanjutkan dengan pembelajaran, dan diakhiri dengan pos tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Analisis data dengan menggunakan uji t, uji korelasi biserial, dan uji Ngain. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen 76,868 dan kelas kontrol 69,434. Hasil uji t pada nilai postes diperoleh harga t hitung (2,648) lebih dari ttabel (1,665) dengan derajat kebebasan sebesar 78 dan taraf signifikansi 5%, yang berarti ada perbedaan hasil belajar kognitif kelas eksperimen dengan kontrol. Uji N-gain yang dihasilkan sebesar 0,5162 N-gain pada kelas eksperimen dengan kategori sedang dan 0,373 N-gain pada kelas kontrol dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode praktikum berbasis IBL efektif digunakan dalam pembelajaran dan ada perbedaan keterampilan proses sains siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: IBL; Keterampilan Proses Sains; Pemahaman Konsep; Praktikum
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
    Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 12:13
    Last Modified: 13 Nov 2015 12:13

    Actions (login required)

    View Item