PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS HASIL OBSERVASI DALAM BENTUK PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) BERBANTUAN MEDIA AMPLOP BERGAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMP NEGERI 2 KUDUS


Sri Zuliana, 2101410041 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS HASIL OBSERVASI DALAM BENTUK PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) BERBANTUAN MEDIA AMPLOP BERGAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMP NEGERI 2 KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101410041-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti, keterampilan menyusun teks hasil observasi dalam bentuk puisi siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Kudus masih rendah yaitu di bawah KKM yang diterapkan di sekolah yaitu 78. Rendahnya keterampilan menyusun puisi karena siswa kurang berminat karena kesulitan di dalam menemukan ide yang akan ditulis menjadi puisi dan guru juga belum menerapkan model dan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk memperbaiki pembelajaran teks hasil observasi dalam bentuk puisi. Upaya yang dilakukan peneliti yaitu untuk meningkatkan keterampilan menyusun teks hasil observasi dalam bentuk puisi kelas VII A SMP Negeri 2 kudus dengan menggunakan model NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media amplop bergambar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana proses pembelajaran peningkatan keterampilan menyusun teks hasil observasi dalam bentuk puisi dengan menggunakan model NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media amplop bergambar pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Kudus? (2) Bagaimana peningkatan pengetahuan keterampilan menyusun teks hasil observasi dalam bentuk puisi dengan menggunakan model NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media amplop bergambar pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Kudus? (3) Bagaimana perubahan perilaku menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana sikap religius dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menyusun teks hasil observasi dalam bentuk puisi dengan menggunakan model NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media amplop bergambar pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Kudus? (4) Bagaimana perubahan perilaku kreatif, tanggung jawab, dan santun sebagai wujud sikap sosial siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Kudus dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menyusun teks hasil observasi dalam bentuk puisi dengan menggunakan model NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media amplop bergambar? (5) Bagaimana peningkatan keterampilan menyusun teks hasil observasi iii iii dalam bentuk puisi dengan menggunakan model NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media amplop bergambar pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Kudus?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media amplop bergambar untuk meningkatkan keterampilan menyusun teks hasil observasi dalam bentuk puisi. Penelitian ini terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan II. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Kudus yang berjumlah 34 siswa. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah keterampilan menyusun teks hasil observasi dalam bentuk puisi dengan menggunakan model NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media amplop bergambar. Adapun teknik pengumpulan data yaitu menggunakan instrumen tes dan nontes dalam bentuk observasi, jurnal, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran keterampilan menyusun teks hasil observasi dalam bentuk puisi. Terjadi peningkatan keantusiasan siswa, kekondusifan di dalam kelompok, keaktifan siswa di dalam kelompok, keintensifan siswa, dan keefektifan kegiatan refleksi. Rata-rata proses pembelajaran pada siklus I sebesar 72,94% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 92,35% sehingga peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 19,41%. Hasil tes pengetahuan menyusun teks hasil observasi dalam bentuk puisi mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 74,79% dalam kategori cukup dan siklus II sebesar 86,52% dalam kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 11,73%. Sikap religius peserta didik mengalami peningkatan kearah positif dari siklus I sebesar 86,26% dan siklus II sebesar 94,11%. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 7,85%. Peserta didik sudah menunjukkan peningkatan berdoa sesudah dan sebelum menjalankan sesuatu, memberikan salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut, dan menjaga hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Sikap sosial peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 86,08% sedangkan pada siklus II sebesar 94,52%. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 8,44%. Peserta didik sudah menunjukkan sikap kreatif, tanggung jawab, santun, percaya diri, dan gotong royong. Hasil tes keterampilan menyusun teks hasil observasi dalam bentuk puisi dengan menggunakan model NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media amplop bergambar mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 73,79 dalam kategori cukup, sedangkan pada siklus II sebesar 83,52% dalam kategori baik. Hal tersebut menujukkan adanya peningkatan sebesar 9,73%. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan keterampilan menyusun teks hasil observasi dalam bentuk puisi dengan menggunakan model NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media amplop bergambar pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Kudus. Berdasarkan hal tersebut peneliti menyarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia untuk menggunakan model NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media amplop bergambar untuk iv iv pembelajaran menyusun teks hasil observasi dalam bantuk puisi. Bagi para peneliti dibidang pendidikan khususnya keterampilan menyusun teks hasil observasi dalam bentuk puisi dapat melakukan penelitian lanjutan yang berbeda dan lebih menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menyusun teks hasil observasi dalam bentuk puisi , model NHT (Numbered Heads Together), media amplop bergambar.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 17:04
Last Modified: 13 Nov 2015 17:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22165

Actions (login required)

View Item View Item