PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PARAGRAF BERAKSARA JAWA BERBASIS BLOG UNTUK SISWA KELAS VII DI KABUPATEN PATI
Iqo Maulana Al Fatah, 2601410013 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PARAGRAF BERAKSARA JAWA BERBASIS BLOG UNTUK SISWA KELAS VII DI KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (10MB) | Preview |
Abstract
Aksara Jawa merupakan warisan leluhur yang patut untuk dilestarikan. Nilai filosofis dan nilai estetis yang terkandung dalam aksara Jawa patut diajarkan guna pendidikan karakter. Seiring perkembangan jaman, penggunaan aksara Jawa mulai tergerus dan semakin sedikit orang yang menguasainya. Selain itu, perkembangan teknologi yang semakin maju memunculkan wadah untuk menuangkan gagasan melalui blog. Permasalahan yang dihadapi pembelajaran bahasa Jawa sekarang ini yaitu masih kurangnya variasi media pembelajaran membaca aksara Jawa. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan blog media pembelajaran membaca paragraf berksara Jawa di Kabupaten Pati untuk siswa kelas VII di Kabupaten Pati. Berdasarkan uraian tersebut, masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana kebutuhan guru dan siswa terhadap media pembelajaran membaca paragraf beraksara Jawa berbasis blog untuk siswa kelas VII di Kabupaten Pati, (2) bagaimana prototipe media pembelajaran membaca paragraf beraksara Jawa berbasis blog untuk siswa kelas VII di Kabupaten Pati berdasarkan kebutuhan guru dan siswa, (3) bagaimana penilaian ahli terhadap media pembelajaran membaca paragraf beraksara Jawa berbasis blog untuk siswa kelas VII di Kabupaten Pati, dan (4) bagaimana perbaikan prototipe media pembelajaran membaca paragraf beraksara Jawa berbasis blog untuk siswa kelas VII di Kabupaten Pati. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa terhadap media pembelajaran membaca paragraf beraksara Jawa berbasis blog untuk siswa kelas VII di Kabupaten Pati, (2) menyusun prototipe media pembelajaran membaca paragraf beraksara Jawa berbasis blog untuk siswa kelas VII di Kabupaten Pati berdasarkan kebutuhan guru dan siswa, (3) mendapatkan penilaian ahli terhadap media pembelajaran membaca paragraf beraksara Jawa berbasis blog untuk siswa kelas VII di Kabupaten Pati, dan (4) menghasilkan media pembelajaran membaca paragraf beraksara Jawa berbasis blog untuk siswa kelas VII di Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini meliputi guru, siswa, dan dosen. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Instrumen penelitian ini berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. viiiPenelitian ini menghasilkan blog media pembelajaran membaca paragraf beraksara Jawa untuk siswa kelas VII di Kabupaten Pati sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa. Blog tersebut berisi kumpulan bacaan cerita rakyat Kabupaten Pati yang ditulis dengan aksara Jawa, serta dapat dimuat melalui gadget maupun perangkat komputer. Setelah blog disusun, selanjutnya diujikan kepada ahli untuk mendapatkan saran perbaikan produk. Perbaikan tersebut, yaitu: (1) perbaikan sampul, (2) aspek kebahasaan, dan (3) aspek grafika. Prototipe yang telah direvisi kemudian dikemas dalam kotak VCD dengan dilengkapi aplikasi-aplikasi pendukung. Hasil penelitian ini berupa blog media pembelajaran membaca paragraf beraksara Jawa berbasis untuk siswa kelas VII di Kabupaten Pati. Disarankan kepada guru untuk diujicobakan kepada siswa sebagai alternatif media pembelajaran dan bahan ajar bahasa Jawa serta bahan bacaan bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media, membaca, paragraf, aksara Jawa, blog. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | sumarsono mahasiswa unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 16:57 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 16:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22164 |
Actions (login required)
View Item |