PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPRODUKSI TEKS ANEKDOT BERBENTUK DIALOG MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA X TIPK 2 DI SMK NEGERI 10 SEMARANG


Popy Monica Rifjiana, 2101410032 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPRODUKSI TEKS ANEKDOT BERBENTUK DIALOG MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA X TIPK 2 DI SMK NEGERI 10 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101410032-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Implementasi kurikulum 2013 menuntut siswa agar mampu memproduksi berbagai macam teks, salah satunya adalah teks anekdot. Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru pengampu Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas X TIPK 2 SMK Negeri 10 Semarang, siswa masih memiliki kesulitan dalam pembelajaran memproduksi teks anekdot berbentuk dialog hal ini ditunjukan dengan nilai para siswa yang masih kurang memuaskan. Hal itu terjadi karena siswa kesulitan dalam menuangkan ide ke dalam teks anekdot berbentuk dialog. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan memproduksi teks anekdot berbentuk dialog pada siswa tersebut dapat menggunakan pendekatan saintifik dengan media audiovisual. Permasalahan dalam penelitian ini mencakup 5 hal, yakni bagaimana proses pembelajaran siswa selama proses kegiatan belajar mengajar, bagaimana perubahan sikap siswa setelah proses pembelajaran, bagaimana perubahan sikap sosial siswa yang mencakup sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam mengikuti pembelajaran, serta bagaimana peningkatan pengetahuan dan keterampilam siswa dalam memproduksi teks anekdot berbentuk dialog. Tujuan penelitian ini adalah (1) memaparkan proses pembelajaran peningkatan keterampilan memproduksi teks anekdot, (2) mendeskripsikan perubahan sikap religius siswa, (3) mendeskripsikan perubahan sikap siswa, (4) mendeskripsikan peningkatan pengetahuan memproduksi, (5) serta mendeskripsikan peningkatan keterampilan memproduksi teks anekdot berbentuk dialog menggunakan pendekatan saintifik dengan media audiovisual bebrasis pendidikan pada siswa SMK N 10 Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas melalui dua siklus. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam tiga tahap: (1) perencanaan, (2) pelakuan dan pengamatan, (3) refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan memproduksi teks anekdot berbentuk dialog siswa kelas X TIPK 2 SMK Negeri 10 Semarang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan pendekatan saintifik dengan media audiovisual, variabel terikat terikat dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran, sikap religius, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. iii Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan yang postif pada keterampilan siswa dalam memproduksi teks anekdot berbentuk dialog menggunakan pendekatan saintifik dengan media audiovisual. Hal tersebut berdasarkan (1) adanya peningkatan antusiasme siswa pada proses pembelajaran dari setiap tahapan. (2) Adanya perubahan sikap religius siswa dari angka rata-rata nilai 3,45/A- pada Siklus I menjadi 3,84/A pada Siklus II selama proses pembelajaran. (3) Adanya perubahan sikap sosial (tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun) yang lebih baik. (4) Meningkatnya pengetahuan siswa dalam memproduksi teks anekdot dari siklus I pada Siklus II sebesar 4%. (5) Meningkatnya keterampilan siswa dalam memproduksi teks anekdot dari setiap aspeknya, yakni menentukan isi, membuat teks berdasarkan struktur, mengembangkan kosakata, menyusun kalimat, dan aspek mekanik (aturan penulisan, ejaan, dan tanda baca). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik dengan menggunakan media audioavisual/video dapat meningkatkan antusiasme siswa saat proses pembelajaran, merubah sikap relius dan sikap sosial, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam memproduksi teks anekdot. Oleh karena itu saran dari penelitian ini adalah dengan terus mengoptimalkan metode saintifik dengan menggunakan media audiovisual/video.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan memproduksi teks anekdot berbentuk dialog, teks anekdot, pendekatan saintifik, media audiovisual. .
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 16:56
Last Modified: 13 Nov 2015 16:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22163

Actions (login required)

View Item View Item