PENGARUH PENERAPAN METODE INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NU AL-MA’RUF KUDUS


Ajeng Khusnul Huda , 4301411028 (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NU AL-MA’RUF KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411028-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pencapaian kompetensi kimia di SMA NU Al-Ma’ruf Kudus masih rendah dan aktivitas belajar siswa yang kurang optimal maka diperlukan metode pembelajaran yang mampu mengoptimalkan kegiatan pembelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah apakah penerapan metode inkuiri mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA NU Al-Ma’ruf Kudus. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA NU Al-Ma’ruf Kudus. Metode yang digunakan adalah metode pembelajaran inkuiri. Hasil yang diperoleh yaitu rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen = 81,838 dan kelas kontrol = 75,132, dengan thitung = 2,965 dan ttabel = 1,668 berarti rata-rata kemampuan berpikir kritis materi asam basa dan titrasi asam basa pada pembelajaran dengan metode inkuiri terdapat perbedaan secara signifikan dengan rata-rata kemampuan berpikir kritis dengan tanpa metode inkuiri. Uji hipotesis penelitian diperoleh rbis = 0,426 dan koefisien determinasi = 18,172%. Sedangkan hasil yang diperoleh yaitu rata-rata hasil belajar kelas eksperimen = 81,29 dan kelas kontrol = 75,06, dengan thitung = 2,401 dan ttabel = 1,668 berarti rata-rata hasil belajar materi asam basa dan titrasi asam basa pada pembelajaran dengan metode inkuiri terdapat perbedaan secara signifikan dengan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan tanpa metode inkuiri. Uji hipotesis penelitian diperoleh rbis = 0,423 dan koefisien determinasi = 17,919%. Uji ketuntasan belajar diperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal kelas eksperimen = 88,24% dan kelas kontrol 55,88% dengan presentase minimal 85% maka disimpulkan kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar klasikal dan kelas kontrol belum mencapai ketuntasan belajar klasikal. Simpulan dari penelitian adalah metode inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA NU Al-Ma’ruf Kudus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Kemampuan Berpikir Kritis; Metode Inkuiri.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 14:43
Last Modified: 13 Nov 2015 14:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22154

Actions (login required)

View Item View Item