IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 5 MAGELANG


Sri Rejeki , 4301411023 (2015) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 5 MAGELANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411023-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi kondisi awal yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa aktvitas dan pemahaman konsep siswa masih rendah. Hal tersebut disebabkan pembelajaran kimia di sekolah tersebut masih terpusat pada guru. Hal ini menjadikan pembelajaran kimia tidak memberikan kesempatan yang luas bagi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi yang dapat melibatkan siswa dalam pembelajaran.Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa materi larutan penyangga dan hidrolisis pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Magelang. Setting dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Magelang. Prosedur penelitian dilakukan dengan prosedur PTK menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian yang dikumpulkan berupa informasi keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pelajaran kimia materi larutan penyangga dan hidrolisis. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ketuntasan rata-rata dan proporsi. Berdasarkan analisis hasil penelitian, pada akhir siklus II nilai rata-rata pemahaman konsep yaitu 80,7 dengan banyak siswa yang tuntas 23 dari 27 orang. Keaktifan siswa mempunyai nilai rata-rata 80 dengan banyak siswa yang tuntas sebanyak 24 dari 27 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model problem based learning berbantuan modul mampu meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Magelang pada materi larutan penyangga dan hidrolisis. Simpulan dari penelitian ini yaitu pemahaman konsep siswa dan keaktifan siswa menggunakan model problem based learning berbantuan modul telah mencapai indikator keberhasilan. Saran yang perlu diperhatikan dalam penerapan problem based learning berbantuan modul, guru perlu lebih memperhatikan waktu dan keaktifan siswa dalam penyelidikan dan diskusi agar memperoleh hasil yang lebih baik dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Pemahaman Konsep, Problem Based Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 14:32
Last Modified: 13 Nov 2015 14:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22151

Actions (login required)

View Item View Item