IMPLEMENTASI KETERLIBATAN MASYARAKAT DALAM ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN HIDUP(Studi Yuridis Sosiologis Pada Masyarakat Terkena Dampak Di Kota Semarang)


Mustafa Kemal Ramadhan , 8111411237 (2015) IMPLEMENTASI KETERLIBATAN MASYARAKAT DALAM ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN HIDUP(Studi Yuridis Sosiologis Pada Masyarakat Terkena Dampak Di Kota Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 8111411237-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterlibatan masyarakat dalam proses penyusunan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL) yang diatur di dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2012 tentang Pedoman Keterlibatan Masyarakat Dalam Proses Analisis Dampak Lingkungan Hidup Dan Izin Lingkungan menjadi bagian penting dari seluruh kegiatan pembangunan di Kota Semarang. Hal tersebut untuk menjamin bahwa setiap masyarakat terkena dampak di kota ini dapat ikut terlibat sehingga menghasilkan dokumen AMDAL yang berpihak pada lingkungan hidup dan kepentingan masyarakat. Dalam penelitian ini permasalahan yang dirumuskan adalah (1) Bagaimanakah implementasi keterlibatan masyarakat dalam proses penyusunan AMDAL di Kota Semarang? (2) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam implementasi Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2012 di Kota Semarang? Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen, pengamatan (observasi) dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi keterlibatan masyarakat dalam proses penyusunan AMDAL di Kota Semarang sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2012, bahkan keterlibatan tersebut dapat dilakukan secara online. Meskipun demikian masih ditemukan beberapa kendala dalam proses implementasinya, baik kendala yang muncul karena disebabkan oleh Pemrakarsa maupun masyarakat terkena dampak itu sendiri. Rekomendasi dari penelitian ini adalah untuk dilakukan lebih banyak lagi sosialisasi mengenai proses keterlibatan secara online sehingga fasilitas yang sudah ada tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal. Kemudian, Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2012 harus dijalankan secara konsisten meliputi semua poin, baik yang wajib maupun yang tidak wajib. Selain itu, perlu adanya upaya sosialiasi mengenai AMDAL kepada masyarakat di Kota Semarang sehingga kepedulian masyarakat mengenai hal tersebut meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: AMDAL, keterlibatan masyarakat, Kota Semarang
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 14:25
Last Modified: 13 Nov 2015 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22148

Actions (login required)

View Item View Item