PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERCAPAIAN KOMPETENSI SISWA KELAS XI MIA 4 SMA 1 KUDUS
Agnes Ikawati , 4301411007 (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERCAPAIAN KOMPETENSI SISWA KELAS XI MIA 4 SMA 1 KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang ada di kelas XI MIA 4 SMA 1 Kudus adalah ketuntasan siswa yang rendah dan aktivitas siswa yang rendah. Hal ini dibuktikan dari hasil Ulangan Semester Gasal 2014/2015 ketuntasan siswa mencapai 14,71%. Pembelajaran hanya didominasi dengan mendengarkan dan mencatat, siswa jarang bertanya dan praktikum jarang dilakukan. Model Problem Based Learning diterapkan untuk meningkatkan aktivitas dan ketercapaian kompetensi siswa di kelas XI MIA 4 SMA 1 Kudus. Metode penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Desain Penelitian Tindakan Kelas dengan empat langkah, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan selama 2 siklus. Siklus I pada materi Hidrolisis dan siklus II pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa mencapai 85% siswa tuntas dengan KKM=78. Ketercapaian kompetensi siswa dari hasil belajar kognitif mencapai minimum 85% siswa tuntas dari nilai KKM (KKM=75), hasil belajar afektif dan psikomotorik mencapai 85% siswa tuntas dengan nilai KKM=78. Kehadiran siswa dalam penelitian ini diharapkan minimum 90% siswa hadir. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah aktivitas siswa pada siklus I 73, 53% dengan rata-rata 81,18 meningkat menjadi 100% siswa tuntas dengan rata-rata 87,79. Hasil belajar kognitif pada siklus I rata-rata nilai siswa 81,86 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 83,73. Persentase ketuntasan pada siklus I mencapai 76,47% dan meningkat pada siklus II menjadi 88,24%. Hasil belajar afektif pada siklus I 70,59% siswa tuntas dengan rata-rata 81,07 meningkat menjadi 88,24% dengan rata-rata 84,53. Hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus I 64,71% siswa tuntas dengan rata-rata 77,73 meningkat di siklus II menjadi 91,18 % dengan rata-rata 85,0. Kehadiran siswa pada siklus I dan II mencapai 100%. Siswa setuju dengan adanya penerapan Problem Based Learning dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas belajar, ketercapaian kompetensi, model Problem Based Learning, |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | suprianto mahasiswa unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 14:16 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 14:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22144 |
Actions (login required)
View Item |