KAJIAN YURIDIS PERLINDUNGAN DAN PELAYANAN KESEHATAN WANITA TUNA SUSILA DI LOKALISASI SUNAN KUNING SEMARANG BERDASARKAN UU KESEHATAN NO 36 TAHUN 2009

M.Taufik Hidayat , 8111411204 (2015) KAJIAN YURIDIS PERLINDUNGAN DAN PELAYANAN KESEHATAN WANITA TUNA SUSILA DI LOKALISASI SUNAN KUNING SEMARANG BERDASARKAN UU KESEHATAN NO 36 TAHUN 2009. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1239Kb)

    Abstract

    Hak asasi manusia yang dipahami sebagai natural rights merupakan suatu kebutuhan dari realitas sosial yang bersifat universal. Hak Asasi Manusia (HAM) memang tak dapat dilepaskan dari lingkungan sosial atau habitatnya, yaitu tidak lain masyarakat itu sendiri di mana HAM itu dikembangkan. Konstitusi Negara Indonesia melalui Pasal 28 pada dasarnya memberikan kebebasan bagi setiap orang untuk dapat hidup dan mempertahankan kehidupannya termasuk juga hak untuk bekerja dan memilih pekerjaannya.Pada Undang-undang Republik Indonesia nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan menyebutkan “bahwa kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana pelaksanaan peran Pemerintah Kota Semarang dalam hal perlindungan dan pelayanan kesehatan wanita tuna susila di daerah lokalisasi Sunan Kuning Semarang? 2) Hambatan-hambatan apasaja yang ditangani Pemerintah Kota Semarang dalam upaya perlindungan dan pelayanan kesehatan bagiwanita tuna susila di daerah lokalisasi Sunan Kuning Semarang? Penelitian ini menunjukkan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian yuridis sosiologis yuridis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumen. Jenis data yang digunakan yaitu data primer yang diambil dari Resosialisasi Argorejo Semarang dan data sekendurnya didapat dari dokumen dan bahan hukum yang berhubungan dengan hal-hal tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan peran Pemerintah terhadap Wanita Tuna Susila di Resosialisasi Argorejo sudah berjalan sesuai dengan program-program yang telah disepakati oleh pihak-pihak bersangkutan, tetapi masih terdapat beberapa kejanggalan yang belum dan kekurangan yang harus di penuhi oleh Pemerintah agar lebih baik dalam memberikan pelayanan yang maksimal bagi kesehatan wanita tuna susila. Dan hambatan sendiri mucul pada kepedulian dan kesadaran para wanita tuna susila untuk memeriksakan kesehatan secara rutin, padahal pemerintah dan pengurus telah membuat program yang harus di patuhi para wanita tuna susila di Resosiliasi Argorejo Semarang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hak Asasi Manusia, Kesehatan, Wanita Tuna Susila
    Subjects: K Law > K Law (General)
    R Medicine > R Medicine (General)
    Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
    Depositing User: rizqi mulyantara unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 09:00
    Last Modified: 13 Nov 2015 09:00

    Actions (login required)

    View Item