PENGARUH PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN STUDY CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI HIDROLISIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 CANDIROTO TEMANGGUNG


Siti Nurazizah , 4301411003 (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN STUDY CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI HIDROLISIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 CANDIROTO TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411003-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penggunaan model pembelajaran sangat mempengaruhi pemahaman siswa terhadap pembelajaran kimia sehingga akan berpengaruh pula terhadap hasil belajar. Pembelajaran di SMA Negeri 1 Candiroto Temanggung masih teacher centered, siswa masih kurang berani untuk mengemukakan pendapat ataupun bertanya. Untuk menghindari hal tersebut diperlukan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa, salah satunya adalah pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan study card. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh positif pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan study card terhadap hasil belajar pada materi hidrolisis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Candiroto Temanggung, (2) mengetahui besarnya pengaruh positif pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan study card terhadap hasil belajar pada materi hidrolisis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Candiroto Temanggung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI semester genap SMA Negeri 1 Candiroto Temanggung tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Kelas XI-IPA 3 sebagai kelas eksperimen mendapat perlakuan pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan study card sedangkan kelas XI-IPA 4 sebagai kelas kontrol mendapat perlakuan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Data penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi, tes, angket, dan observasi. Metode analisis data tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata (uji t), analisis pengaruh antar variabel, penentuan koefisien determinasi, uji ketuntasan belajar, uji ketuntasan belajar klasikal, dan analisis hasil angket dan observasi. Simpulan pada penelitian ini hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan study card mempunyai kontribusi sebesar 12,96% terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Team Assisted Individualization, Pengaruh, Study Card,.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 13:59
Last Modified: 13 Nov 2015 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22138

Actions (login required)

View Item View Item