DESAIN DAN ANALISIS KENDALI SISTEM SUSPENSI MENGGUNAKAN PID DAN LOGIKA FUZZY DENGAN SIMULINK MATLAB


Rohmad , 4211411039 (2015) DESAIN DAN ANALISIS KENDALI SISTEM SUSPENSI MENGGUNAKAN PID DAN LOGIKA FUZZY DENGAN SIMULINK MATLAB. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4211411039-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Sistem suspensi merupakan salah satu komponen mekanik yang penting dalam suatu mobil. Sistem tersebut sering kali menimbulkan suatu permasalahan yang sulit dihindari yaitu getaran yang berlebih. Getaran ini apabila tidak diantisipasi maka akan menyebabkan kegagalan pada mesin, berkurangnya tingkat keamanan pada mobil serta perasaan tidak nyaman pada penumpang. Optimalisasi kinerja melalui pemberian sistem kontrol merupakan suatu langkah yang tepat dalam mengatasi getaran/osilasi berlebih tersebut. Tujuan penelitian yaitu mengetahui kinerja/peformansi sistem kontrol pada sistem suspensi mobil, kontrol yang ditetapkan mampu meredam getaran dan memberikan kenyamanan bagi penumpang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pemodelan dan simulasi sistem suspensi dan kendalinya menggunakan Simulink Matlab. Kendali yang ditetapkan pada penelitian ini menggunakan kendali PID dan FLC (Fuzzy Logic Controller). Pengujian pada kendali PID dilakukan sebanyak 6 kali sehingga dapat mengetahui pengaruh pemberian penguatan terhadap hasil peformansi sistem. Hasil pemberian penguatan Kp= 9558.3589, Ki= 57244.9325, Kd= 22.9008 menunjukkan peformansi sistem yang sesuai dengan design kriteria. Karakteristik peformansi sistem yang dihasilkan pada kendali PID yaitu settling time = 1.7 sekon, dengan overshoot = 2.09%, peak time = 1.02, rise time = 0.304 sekon. Pengujian pada FLC dilakukan dengan tiga variasi aturan fuzzy yaitu 7 aturan, 25 aturan, dan 49 aturan. Peformansi sistem yang optimal dan sesuai dengan design kriteria pada pemberian 49 aturan fuzzy, dengan karakteristik sistem yaitu settling time = 1.05 sekon, overshoot = 2.78%, peak time = 0.51, rise time = 0.4 sekon. Pengujian dari kedua kendali yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil peformansi sistem dengan kendali FLC lebih baik daripada kendali PID.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Suspensi aktif, Linier, PID (Proporsional Integral Derivative), FLC (Fuzzy Logic Controller), Simulink matlab.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 13:44
Last Modified: 13 Nov 2015 13:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22135

Actions (login required)

View Item View Item