UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 KENDAL

Adhi Tya Restu Nugroho , 4201410042 (2015) UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1605Kb)

    Abstract

    Salah satu penyebab rendahnya minat dan hasil belajar kognitif siswa adalah proses pembelajaran yang masih dimominasi metode ceramah yang berpusat pada guru sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran saat ini meyakini bahwa anak akan belajar lebih baik jika mereka ikut aktif dalam proses pembelajaran. Minat dan hasil belajar kognitif siswa yang rendah terjadi pada banyak mata pelajaran, termasuk fisika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa metode pembelajaran Learning Start With A Question dapat meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif siswa pada siswa kelas XI SMAN 1 Kendal tahun ajaran 2014/2015. Penelitian yang dilakukan tergolong sebagai penelitian eksperimental dengan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMAN 1 Kendal tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, yang kemudian diperoleh kelas XI MIA 2.1 sebagai sampel. Peningkatan hasil belajar kognitif diketahui dari nilai rata-rata pretest dan posttes siswa, sedangkan peningkatan minat diketahui dari skor rata-rata angket yang diberikan sebelum dan setelah pembelajaran. Uji yang digunakan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa adalah uji gain. Analisis uji gain menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa sebesar 0,455 dengan kategori sedang dan peningkatan minat siswa sebesar 0,24 dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Learning Start With A Question dapat digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Minat, Hasil Belajar, Learning Start With A Question.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 08:34
    Last Modified: 13 Nov 2015 08:34

    Actions (login required)

    View Item