PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMP NEGERI 1 SIGALUH BANJARNEGARA


Siti Salimahtun , 4201410020 (2015) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMP NEGERI 1 SIGALUH BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201410020-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA fisika masih rendah. Banyak guru masih menggunakan metode konvensional. Siswa hanya mendengar dan mencatat. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran yang tepat dan bervariasi diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami suatu konsep. Salah satu alternatif pembelajaran fisika yang dapat membantu siswa memahami konsep adalah melalui metode pembelajaran pictorial riddle. Metode pembelajaran pictorial riddle ini menggunakan suatu riddle berupa gambar di papan tulis, poster atu diproyeksikan dari suatu transparansi kemudian guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan riddle itu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh metode pembelajaran pictorial riddle terhadap pemahaman konsep fisika siswa kelas XI semester 1 SMP Negeri 1 Sigaluh Banjarnegara tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sigaluh. Sampel yang digunakan adalah kelas XI C sebagai kelas eksperimen dan XI E sebagai kelas kontrol. variabel dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa pada materi kemagnetan, dengan desain eksperimen control group pre test- post test. Pengambilan data dilakukan melalui tes dalam bentuk uraian bebas dan dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana, koefisien determinasi dan uji signifikansi pada microsoft excel. Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan antar variabel yang dinyatakan dalam persamaan regresi sederhana Y= 51,99+0,4286 X. Nilai koefisien korelasi 0,5787 dengan kriteria cukup (0,5 < r < 0,8) nilai r2 0,3348 dan koefisien determinasi sebesar 33,5% serta thitung > ttabel (3,175 > 2,015) pada taraf signifikansi 5%, yang berarti metode pembelajaran pictorial riddle berpengaruh sebesar 33,5% terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan cukup signifikan metode pembelajaran pictorial riddle terhadap pemahaman konsep siswa pada materi kemagnetan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pictorial riddle, kemagnetan, pemahaman konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 13:28
Last Modified: 13 Nov 2015 13:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22131

Actions (login required)

View Item View Item