PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT MODEL MONOPOLI BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA

Dewi Khoirunnisa , 4201410007 (2014) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT MODEL MONOPOLI BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3310Kb)

    Abstract

    Melalui sebuah observasi yang telah dilakukan di kelas VIII SMP ditemukan bahwa, siswa SMP saat ini cenderung bosan dengan metode pembejaran klasik menggunakan ceramah dan diskusi. Sehingga dilakukanlah penelitian dengan tujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe teams-games-tournament model monopoli berbasis karakter mampu meningkatkan prestasi belajar fisika melalui seperangkat permainan yang diterapkan pada siswa kelas eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lemahabang Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2014/2015. Responden dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang dipilih secara cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu model pembelajaran dan variabel terikat yaitu prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan uji Gain untuk mengetahui besarnya peningkatan kemampuan siswa pada kelas eksperimen sebelum dan setelah diberi perlakuan, dan uji t untuk mengetahui apakah hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata prestasi belajar kognitif siswa di kelas kontrol sebesar 50,3 dan di kelas eksperimen sebesar 60,5 dengan faktor gain 0,61 (sedang). Secara signifikansi dihitung menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5% hasilnya adalah 2,35, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa siswa mengalami peningkatan prestasi yang signifikan. Rata-rata prestasi belajar afektif kelas eksperimen sebesar 85 dengan ketuntasan klasikal mencapai 97,6%, sedangkan rata-rata prestasi belajar afektif kelas kontrol 69,29 dengan ketuntasan klasikal 33,3 %. Prestasi belajar psikomotorik pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 74,27 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 65%. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 57,59. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe teams-games-tournament model monopoli berbasis karakter mampu meningkatkan prestasi belajar fisika di ranah kognitif.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Teams-Games-Tournament, Monopoli, Prestasi Belajar
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 08:11
    Last Modified: 13 Nov 2015 08:11

    Actions (login required)

    View Item