IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ILMIAH SISWA


Hasri Arlin Wuriyudani , 4201411142 (2015) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ILMIAH SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411142-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berpikir ilmiah merupakan keterampilan berpikir yang dapat ditingkatkan melalui pembelajaran. Peningkatan keterampilan berpikir ilmiah meliputi aspek bahasa, matematika, dan statistika. Peningkatan keterampilan berpikir ilmiah dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan informasi verbal, merumuskan strategi kognitif dalam pemecahan masalah, dan mampu meningkatkan keterampilan motoris dalam suatu kegiatan. Implementasi strategi pembelajaran berdasarkan alur belajar hipotetik diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah siswa. Alur belajar hipotetik atau Hypothetical Learning Trajectory (HLT) merupakan suatu rute atau lintasan belajar yang dilalui siswa dalam memecahkan suatu permasalahan. Kegiatan pembelajaran berbasis Hypothetical Learning Trajectory (HLT) terdiri dari tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, hipotesis alur belajar siswa, dan klarifikasi oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir ilmiah yang dialami oleh siswa setelah implementasi strategi pembelajaran fisika berbasis Hypothetical Learning Trajectory (HLT). Peningkatan berpikir ilmiah meliputi peningkatan hasil tes dan peningkatan proses berpikir siswa dalam memecahkan suatu permasalahan. Peningkatan hasil tes berpikir ilmiah mencakup aspek statistika yang mengalami kenaikan sebesar 56,25 poin; aspek matematika naik 52,92 poin; dan aspek bahasa naik 34,40 poin. Peningkatan keterampilan berpikir ilmiah siswa juga ditandai dengan peningkatan proses berpikir siswa. Pola siswa dalam memecahkan masalah setelah implementasi strategi pembelajaran fisika berbasis Hypothetical Learning Trajectory (HLT) adalah semakin memahami inti permasalahan, membuat rencana untuk memecahkan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah yang telah dibuat, serta memeriksa kembali hasil penyelesaian masalah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hypothetical Learning Trajectory (HLT), Keterampilan Berpikir Ilmiah, Suhu dan Kalor.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 13:00
Last Modified: 13 Nov 2015 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22124

Actions (login required)

View Item View Item