PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA SISWA KELAS IV SDN PUDAKPAYUNG 02
Jasmini , 1401411162 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA SISWA KELAS IV SDN PUDAKPAYUNG 02. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Pudakpayung 02. Hal ini terbukti ditemukannya beberapa masalah, diantaranyaguru kurang memotivasi siswa, kurang maksimal dalam menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan masih menggunakan media pembelajaran seadanya, hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah dengan ketuntasan klasikal 26,1%. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah melalui model make a match berbantuan media papan flanel dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Pudakpayung 02? Tujuan penelitian ini adalah: meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN Pudakpayung 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Pudakpayung 02. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I rata-rata pencapaian skor sebesar 26,5 (baik) dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata sebesar 32 (sangat baik); (2) Aktivitas siswa ada siklus I rata-rata pencapaian aktivitas siswa sebesar 22,12 (baik) dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata sebesar 29,7 (sangat baik); (3) Hasil belajar dengan rata-rata ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 52,3% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata persentase ketuntasan klasikal sebesar 85,95%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model make a match berbantuan media papan flanel dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA. Saran yang diberikan yaitu guru hendaknya dapat menerapkan model make a match berbantuan media papan flanel pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit serta materi yang lain, siswa hendaknya mempersiapkan diri untuk mengikuti pembelajaran, sekolah sebaiknya menyediakan sarana maupun media untuk menunjang terlaksananya pembelajaran yang berkualitas
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPA, Kualitas, Pembelajaran, Papan Flanel, Make a Match |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | imanda fachruddin unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 11:43 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 11:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22118 |
Actions (login required)
View Item |