PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IVA SDN TAMBAKAJI 04 KOTA SEMARANG


YUANITA MERY UTAMI , 1401411160 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IVA SDN TAMBAKAJI 04 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411160-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga Indonesia yang demokratis dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai. Hasil refleksi awal pelaksanaan pembelajaran IPS menunjukkan kualitas pembelajaran rendah disebabkan faktor guru dan siswa sehingga hasil belajar siswa kurang optimal. Peneliti bersama kolabolator mengambil solusi denganPenelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model quantum teaching berbantuan audiovisual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS KD 2.2 mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui model quantum teaching berbantuan media audiovisual pada siswa kelas IVA SDN Tambakaji 04 Kota Semarang?Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Tambakaji 04 Kota Semarang pada mata pelajaran IPS. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelasdengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak 3 siklus dengan 1 kali pertemuan setiap siklus. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan siswa kelas IVA SDN Tambakaji 04Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, dan non tes meliputi observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah keterampilan guru pada siklus I mendapatkan skor 38 dengan kriteria baik, siklus II mendapatkan skor 44 dengan kriteria sangat baik, dan siklus III mendapatkan skor 49 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor 25,21 dengan kriteria baik, siklus II mendapatkan skor 28,04 dengan kriteria baik, dan siklus III mendapatkan skor 32,68 dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa siklus I mendapatkan nilai rata-rata 70,67 dengan ketuntasan klasikal 60%, siklus II sebesar 76,78 dengan kriteria ketuntasan klasikal 71,11%, dan siklus III mendapatkan rata-rata sebesar 85,33 dengan kriteria ketuntasan 86,67%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model quantum teaching berbantuan media audiovisualdapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Tambakaji 04 Kota Semarang. Saran yang diusulkan peneliti adalah guru hendaknya melakukan pembelajaran inovatif misalnya dengan menerapkan model quantum teaching dan media audiovisual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audiovisual, Kualitas Pembelajaran IPS, Quantum Teaching.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 11:20
Last Modified: 13 Nov 2015 11:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22110

Actions (login required)

View Item View Item