Penerapan Pendekatan MODERAT (Modification of Reciprocal Teaching) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa SMP Negeri 1 Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2008/2009


Yulia Dwi Proborini, 4201405025 (2009) Penerapan Pendekatan MODERAT (Modification of Reciprocal Teaching) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa SMP Negeri 1 Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan MODERAT (Modification of Reciprocal Teaching) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa SMP Negeri 1 Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2008/2009]
Preview
PDF (Penerapan Pendekatan MODERAT (Modification of Reciprocal Teaching) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa SMP Negeri 1 Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2008/2009) - Published Version
Download (13MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika di SMP N 1 Sumpiuh masih berlangsung satu arah atau yang lebih dikenal dengan metode ceramah, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajarannya yang mengakibatkan nilai siswa masih di bawah SKBM yaitu 66,2. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan MODERAT (Modification of Reciprocal Teaching) dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika pada siswa SMP N 1 Sumpiuh kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan pemahaman konsep dalam penerapan pendekatan MODERAT (Modification of Reciprocal Teaching) pada siswa SMP N 1 Sumpiuh kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini difokuskan pada hasil belajar kognitif berupa pemahaman konsep, dan hasil belajar afektif sebagai keaktifan siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari metode dokumentasi, metode tes, dan metode observasi. Sebelum alat evaluasi digunakan, dilakukan uji coba terlebih dahulu untuk mengetahui apakah alat evaluasi tersebut dapat digunakan dengan menghitung validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran tiap soal. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep siswa pada siklus I sebesar 53,85; siklus II sebesar 69,233; dan siklus III sebesar 72,82. Persentase ketuntasan belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu pada siklus I sebesar 20,51 %, siklus II sebesar 58,97 % dan siklus III sebesar 87,18 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Modification of Reciprocal Teaching dapat meningkatkan pemahaman konsep secara signifikan pada pokok materi alat-alat optik siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumpiuh tahun pelajaran 2008/2009. Saran yang diajukan adalah sebaiknya guru menetapkan waktu diskusi seefektif mungkin dan sebaiknya pihak sekolah menyediakan buku/ referensi menunjang yang lebih memadai untuk memperlancar jalannya proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modification of Reciprocal Teaching, pemahaman konsep
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 May 2011 01:36
Last Modified: 25 Apr 2015 04:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2211

Actions (login required)

View Item View Item