PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTU MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 01 BLIGOREJO KABUPATEN PEKALONGAN


Tanti Pratiwi, 1401411158 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTU MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 01 BLIGOREJO KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411158-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru kelas III SD Negeri 01 Bligorejo, ditemukan masalah dalam pembelajaran menulis narasi. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan model dan media pembelajaran yang menarik. Rata-rata nilai siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia semester sebelumnya yaitu 69,7. Dari jumlah 30 siswa, hanya 14 siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) (≥ 68). Maka diperlukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar melalui penggunaan model Quantum Teaching berbantu media puzzle. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 30 siswa kelas III SD Negeri 01 Bligorejo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari hasil siklus I sebesar 75,83% menjadi 84,67% pada siklus II. Persentase ketuntasan klasikal belajar siswa pada siklus I sebesar 86,7% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 72,9 dan pada siklus II ketuntasan klasikal belajar siswa meningkat menjadi 93,3 % dengan nilai rata-rata kelas sebesar 77,37. Pengamatan terhadap perfomansi guru pada siklus I mencapai 83,04 dan meningkat menjadi 90,83 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbantu media puzzle dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis narasi kelas III SD Negeri 01 Bligorejo tahun pelajaran 2014/2015. Saran yang disampaikan peneliti adalah guru hendaknya menggunakan model dan media pembelajaran yang inovatif seperti model Quantum Teaching dan media puzzle. Guru dalam hal ini aktif memberikan penguatan dan penghargaan kepada siswa yang memberikan respon baik atas umpan balik yang diberikan guru. Peneliti juga menyarankan agar sekolah hendaknya ikut menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang berlangsungnya pembelajaran yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menulis narasi, Puzzle, Quantum Teaching
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 11:13
Last Modified: 13 Nov 2015 11:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22108

Actions (login required)

View Item View Item