PEMETAAN LETAK DAN LAYANAN PUSKESMAS BERDASARKAN JUMLAH PASIEN YANG BEROBAT PADA TAHUN 2009 SAMPAI 2013 DI KABUPATEN TEMANGGUNG BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)

Aisyah Diarningtyas, 3212312011 (2015) PEMETAAN LETAK DAN LAYANAN PUSKESMAS BERDASARKAN JUMLAH PASIEN YANG BEROBAT PADA TAHUN 2009 SAMPAI 2013 DI KABUPATEN TEMANGGUNG BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (6Mb)

    Abstract

    Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Dari kesehatan itu manusia atau makhluk hidup dapat melakukan segala aktivitas yang dikerjakan dalam kehidupan sehari-hari dengan lancar dan baik, sehingga judul dalam tugas akhir ini adalah pemetaan letak dan layanan puskesmas berdasarkan jumlah pasien yang berobat pada tahun 2009 sampai 2013 di Kabupaten Temanggung berbasisi sistem informasi geografis. Tujuan dari tugas akhir ini untuk mengetahui letak puskesmas, jenis pelayanan puskesmas dan jumlah pasien yang berobat pada tahun 2009 sampai di seluruh puskesmas Kabupaten Temanggung. Tugas akhir ini bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk mengetahui letak puskesmas, jenis pelayanan puskesmas dan jumlah pasien yang berobat di seluruh puskesmas Kabupaten Temanggung pada tahun 2009 sampai 2013. Metode survei dalam tugas akhir ini adalah metode dokumentasi dan metode observasi. Metode dokumentasi berupa pengambilan data jenis pelayanan puskesmas di seluruh puskesmas Kabupaten Temanggung, untuk metode observasi yang digunakan berupa pengambilan letak titik puskesmas dengan menggunakan GPS. Selain metode survey juga ada metode pemetaan, metode pemetaan yang digunakan adalah metode diskriptif. Metode diskriptif ini berupa pemberian gambaran dan penjelasan terhadap persebaran lokasi serta jenis pelayanan puskesmas di Kabupaten Temanggung. Hasil yang diperoleh dalam survei dan pemetaan ini adalah peta tematik berupa peta letak puskesmas, peta jumlah pasien yang berobat di puskesmas berdasarkan jenis pembayaran pada tahun 2009 sampai 2013 di Kabupaten Temanggung serta peta digital berupa peta hyperlink yang menampilkan kondisi puskesmas dan jenis pelayanan puskesmas. Kesimpulan dari survei dan pemetaan menunjukan bahwa Sistem Informasi Geografis dapat digunakan sebagai alat untuk menyajikan informasi tentang letak puskesmas serta jumlah pasien yang berobat di puskesmas Kabupaten berupa peta tematik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pemetaan, Letak, Layanan Puskesmas, Jumlah Pasien
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Survei dan Pemetaan Wilayah, D3
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 05:59
    Last Modified: 13 Nov 2015 05:59

    Actions (login required)

    View Item