KEEFEKTIFAN MODEL POE DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI BENTUK ENERGI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI PEKAUMAN 2 KOTA TEGAL
Denti Windiana , 1401411155 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL POE DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI BENTUK ENERGI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI PEKAUMAN 2 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
IPA merupakan mata pelajaran yang mempelajari alam dan lingkungan sekitar. Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran IPA harus menarik dan dapat mengaktifkan siswa. Kenyataannya masih sedikit guru yang menerapkan model pembelajaran yang dapat menarik dan mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah. Guru masih lebih suka mengajar dengan model pembelajaran yang berpusat pada guru.Maka dari itu peneliti ingin memberikan solusi berupa model pembelajaran POE untuk pembelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri Pekauman 2 dan 5 Kota Tegal berjumlah 54 siswa yang terdiri dari 26 di kelas eksperimen dan 28 di kelas kontrol. Desain eksperimen yang digunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Metode Lilliefors untuk menguji normalitas data, Levene’s test untuk uji homogenitas, dan independent samples t test untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis data hasil belajar siswa menggunakan independent samples t test diperoleh data thitung = 5,203 dengan signifikansi = 0,00 dan ttabel = 2,007. Hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,203>2,007) dan signifikansinya 0,00<0,05. Sedangkan hasil uji hipotesis data aktivitas diperoleh data thitung = 2,190 dengan signifikansi 0,033 dan t tabel= 2,007. Hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung>ttabel (2,190>2,007) dan signifikansinya 0,033<0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar IPA materi Bentuk Energi antara siswa kelas III yang menerapkan model POE dibandingkan dengan siswa yang menerapkan model konvensional. Berdasarkan hasil pengujian keefektifan model dengan menggunakan uji pihak kanan menggunakan rumus pooled varian, untuk data aktivitas belajar diperoleh data thitung = 5,221 serta harga ttabel = 1,675. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel (5,221>1,675). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar IPA materi Bentuk Energi siswa kelas III yang menerapkan model POE lebih baik dari aktivitas belajar siswa yang menerapkan model konvensional. Untuk data hasil belajar diperoleh data thitung = 2,083 serta harga ttabel = 1,675. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai thitung >ttabel (2,083 >1,675). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA materi Bentuk Energi antara siswa kelas III yang menerapkan model POE lebih baik dari hasil belajar siswa yang menerapkan model konvensional.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran POE, aktivitas, dan hasil belajar. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | imanda fachruddin unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 10:58 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 10:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22097 |
Actions (login required)
View Item |