PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS VB SD ISLAM SITI SULAECHAH SEMARANG


NOVIA INDRIYANI , 1401411151 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS VB SD ISLAM SITI SULAECHAH SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411151-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA di kelas VB SD Islam Siti Sulaechah Semarang kurang optimal karena guru kurang maksimal dalam penggunaan model pembelajaran, siswa kesulitan menguasai materi yang diajarkan guru karena tidak adanya konsep untuk meningkatkan kreativitas siswa, guru tidak memberikan penguatan dan motivasi. Rumusan masalah yang khusus dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran melalui model Circuit Learning berbantuan media visual pada siswa kelas VB SD Islam Siti Sulaechah Semarang?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar melalui model Circuit Learning berbantuan media visual pada siswa kelas VB SD Islam Siti Sulaechah Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus penelitian. Setiap siklus penelitian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SD Islam Siti Sulaechah Semarang. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VB sebanyak 24 siswa, tetapi pengamatan siswa difokuskan pada 12 siswa dari 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Variabel penelitian ini adalah (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa dan (3) hasil belajar. Teknik analisi data penelitian ini adalah data kuantitatif dan data Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I mendapatkan skor 31 kategori baik, siklus II meningkat dengan skor 36 kategori baik, siklus III skor 41 kategori sangat baik. (2) aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 22 kategori baik, siklus II meningkat dengan skor ratarata 26 kategori baik, siklus II skor rata-rata 30,6 kategori sangat baik. (3) hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal sebesar 38%, siklus II meningkat dengan ketuntasan klasikal 67%, siklus III ketuntasan klasikal sebesar 88% sudah tercapai sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah model Circuit Learaning berbantuan media visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VB SD Islam Siti Sulaechah Semarang. Saran peneliti yaitu model Circuit Learning dapat digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran IPA SD kelas VB.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPA, Circuit Learning, Visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 10:50
Last Modified: 13 Nov 2015 10:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22090

Actions (login required)

View Item View Item