SINTESIS BIODIESEL DAN FUEL BIOADDITIVE TRIASETIN SECARA SIMULTAN DENGAN METODE INTERESTERIFIKASI MINYAK JARAK (Jatropha curcas)


Riris Pristiyani, 5511312019 (2015) SINTESIS BIODIESEL DAN FUEL BIOADDITIVE TRIASETIN SECARA SIMULTAN DENGAN METODE INTERESTERIFIKASI MINYAK JARAK (Jatropha curcas). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5511312019-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penggunaan sumber energi di Indonesia masih didominasi oleh bahan bakar minyak dibandingkan dengan sumber energi yang lain. Minyak bumi bersifat nonrenewable dan diperkirakan akan habis dalam jangka waktu 23 tahun. Salah satu sumber bahan bakar alternatif yang berpotensi untuk dikembangkan di Indonesia adalah bahan bakar bersumber minyak nabati, seperti biodiesel. Untuk memproduksi biodiesel secara ekonomis, digunakan bahan baku non pangan seperti minyak jarak pagar melalui reaksi transesterifikasi (rute alkohol). Akan tetapi proses ini akan menghasilkan produk samping berupa gliserol sehingga perlu adanya proses separasi. Pada penelitian ini, dilakukan sintesis biodiesel melalui reaksi interesterifikasi (rute non alkohol) menggunakan etil asetat sebagai penyuplai gugus alkil. Penelitian ini dititikberatkan pada sintesis biodiesel tanpa gliserol melalui reaksi interesterifikasi sehingga tidak perlu adanya proses separasi. Adapun keuntungan lain dari reaksi interesterifikasi adalah terbentuknya produk samping berupa triasetin yang dapat digunakan sebagai aditif pada bahan bakar. Pada penelitian ini dilakukan analisis bahan baku untuk mengetahui karakterisitik minyak jarak pagar sebelum disintesis menjadi biodiesel. Metode sintesis yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari dua tahap reaksi, yaitu netralisasi dan interesterifikasi. Netralisasi merupakan reaksi antara asam lemak bebas pada minyak jarak pagar dengan Na2CO3 jenuh membentuk sabun. Proses ini bertujuan menurunkan kadar asam lemak bebas pada minyak jarak pagar menjadi kurang dari 2%. Reaksi interesterifikasi bertujuan untuk mengkonversi trigliserida menjadi biodiesel, dilakukan dengan variasi konsentrasi katalis KOH 0,5%, 0,75%, 1%, dan 1,25% berat katalis/berat minyak. Rasio mol etil asetatminyak jarak dipelajari pada variasi 6:1, 9:1, 15:1, 30:1 dan 60:1. Reaksi interesterifikasi dilakukan dengan variasi suhu 60oC dan 70oC, dengan lama reaksi 1, 3, 6 dan 8 jam. Hasil analisis bahan baku menunjukkan bahwa minyak jarak pagar memiliki kandungan asam lemak bebas sebesar 0,8907%. Setelah dilakukan proses netralisasi kadar asam lemak bebas pada minyak jarak pagar turun hingga 0,17%. Pada penelitian ini, yield biodiesel meningkat seiring dengan peningkatan suhu reaksi dan waktu. Namun setiap kenaikan konsentrasi katalis dan kenaikan rasio mol reaktan yield biodiesel menurun. Kondisi optimum pada penelitian ini diperoleh pada konsentrasi katalis 0,5%, rasio mol etil asetat-minyak jarak 6:1, suhu reaksi pada 70oC dan waktu reaksi selama 6 jam, dengan yield biodiesel sebesar 13,79%. Biodiesel yang dihasilkan belum sesuai dengan standar SNI sehingga perlu dilakukan evaluasi penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia D3
Depositing User: titin fitriyani unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 10:11
Last Modified: 13 Nov 2015 10:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22084

Actions (login required)

View Item View Item