Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Untuk meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rowosari Kabupaten Kendal


Riswati, 3301405534 (2009) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Untuk meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rowosari Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Untuk meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rowosari Kabupaten Kendal]
Preview
PDF (Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Untuk meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rowosari Kabupaten Kendal) - Published Version
Download (34MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pendidikan di sekolah dapat di lihat dari hasil belajar siswa. Hasil belajar sendiri dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Dalam penelitian ini model pembelajaran yang digunakan adalah Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Pembelajaran ini memberikan bimbingan antar kelompok untuk bekerjasama dalam penguasaan materi. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization lebih efektif dari pada penerapan metode ekspositori untuk meningkatkan hasil belajar Akuntansi Pokok Bahasan Laporan Keuangan Perusahaan Jasa siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Rowosari Kabupaten Kendal? Subyek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rowosari yang berjumlah dua kelas dan masing-masing kelas berjumlah 42 siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rowosari, dengan menggunakan teknik simple random sampling diperoleh kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode Ekspositori. Data diambil dengan teknik tes dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian sebelum treatmen menunjukkan nilai pre tes rata-rata untuk kelas eksperimen 58,62 dan kelas kontrol 59,66 Sedangkan akhir yaitu post tes nilai rata-rata kelas eksperimen 79,12 dan nilai untuk kelas kontrol 70,52. Hasil belajar untuk kelas ekspeimen meningkat 20,5 atau 25,91% dan Hasil belajar untuk kelas kontrol meningkat 10,86 atau 13,71%. Simpulan dari penelitian ini adalah 1). Ada perbedaan hasil belajar akuntansi pokok bahasan laporan keuangan perusahaan jasa yang diajar dengan menggunakan metode Team Assisted Individualization (TAI) dan yang diajar dengan menggunakan metode ekspositori , terbukti dari hasil uji t (post-test) diperoleh thitung = 3,220 Dengan taraf nyata 5 % diperoleh ttabel = 1,99. Karena thitung 3,220≥ ttabel1,99, maka Ho ditolak dan Ha diterima, ini berarti pembelajaran akuntansi pokok bahasan laporan keuangan perusahaan jasa dengan menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) lebih efektif. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1). Dalam pembelajaran model Team Assisted Individualization (TAI) dapat dipilih sebagai alternatif mengajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motode Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar, Laporan Keuangan Perusahaan Jasa
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 May 2011 01:21
Last Modified: 25 Apr 2015 04:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2208

Actions (login required)

View Item View Item