PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN INOVASI LAYANANTERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH SAKIT BUAH HATI DI KABUPATEN KUDUS


ELA ZAKIYA MUSLICHATI, 7311411062 (2015) PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN INOVASI LAYANANTERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH SAKIT BUAH HATI DI KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7311411062-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Persaingan yang semakin kompetitif menuntut rumah sakit untuk meningkatkan kualitas layanan serta menciptakan inovasi layanan yang diberikan kepada konsumen supaya tidak beralih pada rumah sakit lainnya.Tersedianya sarana dan prasaran yang memadai membuat rasa nyaman dalam menerima pelayanan yang diberikan perusahaan kepada konsumen serta penggunaan teknologi akan mempercepat layanan yang diberikan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas layanan dan inovasi layanan baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan konsumen Rumah Sakit Buah Hati Kudus. Populasi Penelitian ini adalah seluruh konsumen Rumah Sakit Buah Hati Kudus.Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik insidental sampling, jumlah responden sebanyak 116 responden.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode kuesioner.Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS versi 20, dimana variabel yang digunakan meliputi kualitas layanan, inovasi layanan dan kepuasan konsumen. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai Fhitung sebesar 51.603 dengan taraf signifikan sebesar 0.000 < 0.05.Hal tersebut membuktikan bahwa ada pengaruh kualitas layanan dan inovasi layanan secara simultan positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Simpulan dari penelitian ini terbukti bahwa kualitas layanan dan inovasi layanan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen. Sehingga dapat dijelaskan bahwa semakin tinggi kualitas layanan dan inovasi layanan ditingkatkan, maka kepuasan konsumen semakin meningkat.Saran bagi perusahan adalah agarmempertahankan sarana dan prasarana yang tetap dengan kondisi yang bersih dan nyaman serta hendaknya mengadakan lomba balita sehat yang melibatkan konsumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas layanan, inovasi layanan dan kepuasan konsumen
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 13 Nov 2015 09:17
Last Modified: 13 Nov 2015 09:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22077

Actions (login required)

View Item View Item