PENGEMBANGAN BUKU KOSAKATA TIGA BAHASA SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP NEGERI 2 TANJUNG KABUPATEN BREBES


Ridzky Erlienda Younanti, 2601410010 (2015) PENGEMBANGAN BUKU KOSAKATA TIGA BAHASA SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP NEGERI 2 TANJUNG KABUPATEN BREBES. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601410010-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagian besar siswa di SMP Negeri 2 Tanjung mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran Bahasa Jawa. Siswa kesulitan belajar bahasa Jawa karena bahasa yang mereka pergunakan sehari-hari adalah bahasa Sunda. Siswa membutuhkan buku kosakata tiga bahasa sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar bahasa Jawa. Namun untuk mendapatkan buku kosakata tiga bahasa saat ini masih sulit. Karena itu, pengembangan buku kosakata tiga bahasa menjadi penting agar kesulitan belajar bahasa Jawa di daerah perbatasan Jawa Tengah-Jawa Barat dapat diatasi. Berdasarkan uraian tersebut, masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kebutuhan siswa dan guru bahasa Jawa SMP N 2 Tanjung terhadap buku kosakata tiga bahasa?, (2) bagaimana pengembangan buku kosakata tiga bahasa yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru SMP N 2 Tanjung? Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis kebutuhan siswa dan guru bahasa Jawa SMP N 2 Tanjung terhadap buku kosakata tiga bahasa, (2) mengembangkan buku kosakata tiga bahasa yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru SMP N 2 Tanjung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research & Development). Pengembangan buku kosakata tiga bahasa dilakukan melalui lima tahap, yaitu (1) identifikasi masalah, (2) analisis kebutuhan, (3) pembuatan prototipe, (4) uji ahli, dan (5) revisi produk. Data kebutuhan buku kosakata tiga bahasa dianalisis dengan deskriptif kualitatif dengan beberapa langkah yaitu menganalisis data angket kebutuhan, memfokuskan data angket kebutuhan, mentransformasikan data mentah menjadi bentuk desain media. Data uji ahli prototipe dianalisis menggunakan teknik deskriptif prosentase. Hasil pengumpulan informasi menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran Bahasa Jawa. Selain siswa, guru juga mengalami kesulitan mengajar dalam hal kurangnya bahan ajar yang harus digunakan. Siswa dan guru membutuhkan media yang dapat membantu mengatasi kesulitan belajar. Dari paparan hasil angket kebutuhan siswa dan guru terhadap buku kosakata tiga bahasa dapat disimpulkan karakteristik buku yang dibutuhkan. Secara garis besar karakteristik buku yang dibutuhkan adalah buku kosakata tiga bahasa yang berisi kosakata yang berhubungan dengan lingkungan sekitar dan sering digunakan sehari-hari, dengan aplikasinya dalam bentuk kalimat yang dialihbahasakan menjadi kosakata tiga bahasa, yaitu Indonesia, Sunda, dan Jawa Brebes. Hasil penilaian prototipe buku kosakata tiga bahasa dari ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa prototipe sudah termasuk dalam kriteria baik dengan nilai 72,05%, namun masih perlu perbaikan sesuai saran. Kemudian prototipe direvisi sesuai saran dari ahli materi dan ahli media yaitu dengan merubah judul buku menjadi “Belajar Kosakata Tiga Bahasa (Jawa Brebes- Sunda-Indonesia)”, merubah gambar pada sampul depan dengan gambar yang lebih sesuai dan mengganti warna sampul dengan yang lebih cerah, serta memperkecil tulisan pada sampul belakang, serta memperbaiki tata tulis yang masih terdapat kesalahan pada isi buku. Saran yang bisa diajukan berdasarkan penelitian ini yaitu (1) buku kosakata tiga bahasa ini dapat diteliti lebih lanjut karena masih perlu penambahan kosakata yang lebih banyak, (2) peneliti lain bisa mengembangkan media yang lebih inovatif untuk daerah-daerah kosakata tiga bahasa seperti di daerah Brebes bagian barat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pengembangan buku, kosakata, bahasa Jawa, bahasa Sunda.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 09:10
Last Modified: 13 Nov 2015 09:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22073

Actions (login required)

View Item View Item