PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN CERITA ANAK DIALEK TEGAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA SD


Retno Wiyanti, 2601409070 (2015) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN CERITA ANAK DIALEK TEGAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA SD. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2601409070-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter penting dalam membentuk dan memperkuat kepribadian positif seseorang. Penanaman nilai-nilai karakter sebaiknya dilakukkan sejak dini. Salah satu cara menanamkan nilai tersebut yaitu melalui cerita agar proses penanaman nilai terasa lebih menyenangkan dan tidak terkesan memaksa anak. Berdasarkan keadaan tersebut, peneliti mencoba mengenalkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui cerita anak berbahasa Jawa dialek Tegal. Hal tersebut dimaksudkan untuk memudahkan anak dalam memahami cerita. Selain itu, buku cerita berbahasa Jawa ngapak jarang ditemui di daerah tersebut. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan prototipe buku pengayaan cerita anak dialek Tegal berbasis pendidikan karakter. Dan berkaitan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengahasilkan profil buku pengayaan cerita anak dialek Tegal berbasis pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development. Prosedur penelitian yang dilakukan adalah analisis survey pendahuluan, pengumpulan data/informasi, desain produk, validasi desain/uji ahli, dan revisi prototipe/desain. Data dalam penelitian ini adalah (1) data survei dan pengamatan terhadap buku pengayaan cerita anak yang sudah ada, (2) data hasil wawancara dengan guru kelas, (3) data tentang kebutuhan siswa dan guru akan buku pengayaan cerita anak dialek Tegal berbasis pendidikan karakter, (4) data koreksi, masukan, dan evaluasi dari para ahli dan guru. Sumber data dalam penelitian ini adalah toko buku, perpustakaan sekolah, perpustakaan daerah, siswa dan guru. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan buku pengayaan cerita anak yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Prototipe buku tersebut terdiri atas bagian pendahulu, isi, dan penyudah. Bagian pendahulu meliputi sampul, halaman judul, kata pengantar, dan daftar isi. Bagian isi terdiri atas sepuluh cerita anak yang bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter yaitu seperti menghargai prestasi, persahabatan, kejujuran, rasa ingin belajar, tanggung jawab, cinta lingkungan, mandiri, peduli sosial, gemar membaca, dan kreatif. Dan pada bagian penyudah meliputi identitas penulis dan uraian buku. Setelah buku bacaan disusun, selanjutnya diujikan kepada ahli. Dari uji ahli tersebut kemudian dilakukan beberapa perbaikan diantaranya pada: (1) bagian pendahulu meliputi aspek perwajahan sampul, halaman judul, halaman perancis, dan kata pengantar (2) bagian isi buku terdapat beberapa pemilihan kosa kata yang kurang tepat, dan (3) iibagian penyudah yaitu penambahan glosarium. Prototipe yang telah direvisi kemudian dijilid dalam bentuk buku berukuran A5. Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah (1) hendaknya dilakukan penelitian lanjutan sebagai penyempurna penelitian ini seperti keefektifan buku cerita anak berdialek Tegal berbasis pendidikan karakter pada siswa, (2) Perlu diadakan penelitian pengembangan terhadap buku pengayaan kepribadian lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, cerita anak, dialek Tegal, pendidikan karakter.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 09:02
Last Modified: 13 Nov 2015 09:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22066

Actions (login required)

View Item View Item