TUTURAN EKSPRESIF PADA NOVEL NONA SEKRETARIS KARYA SUPARTO BRATA

Apriana Yuniarti, 2601409050 (2015) TUTURAN EKSPRESIF PADA NOVEL NONA SEKRETARIS KARYA SUPARTO BRATA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1905Kb)

    Abstract

    Tuturan ekspresif adalah tuturan yang dilakukan dengan maksud agar tuturannya diartikan sebagai evaluasi tentang hal yang disebutkan dalam tuturan untuk mengungkapkan sikap psikologis penutur terhadap suatu keadaan. Tuturan ekspresif banyak ditemukan di novel Nona Sekretaris. Hal ini dikarenakan dalam novel dikisahkan sepenggal kehidupan tokoh, yang penuh pertikaian, peristiwa yang mengharukan atau menyenangkan, dan mengandung kesan yang tidak mudah dilupakan sehingga menimbulkan munculnya variasi tuturan ekspresif. Novel Nona Sekretaris merupakan salah satu novel berbahasa Jawa yang dikarang oleh Suparto Brata. Tuturan ekspresif dalam novel Nona Sekretaris mempunyai bentuk dan fungsi. Masalah penelitian ini meliputi apa sajakah bentuk dan fungsi tuturan ekspresif yang terdapat dalam novel Nona Sekretaris Karya Suparto Brata. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi (1) bentuk tuturan ekspresif yang terdapat dalam novel yang berjudul Nona Sekretaris Karya Suparto Brata (2) fungsi tuturan ekspresif yang terdapat dalam novel yang berjudul Nona Sekretaris Karya Suparto Brata. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ada dua, yaitu pendekatan teoretis dan metodologis. Pendekatan secara teoretis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatis. Pendekatan secara metodologis yang digunakan adalah kualitatif dan deskriptif. Data dan sumber data penelitian ini berupa tuturan-tuturan yang diduga mengandung bentuk dan fungsi tuturan ekspresif pada kutipan percakapan dalam novel Nona Sekretaris. Data diperoleh dengan metode kajian isi dengan teknik baca dan teknik catat. Data dianalisis dengan teknik studi pustaka yaitu membaca novel, adapun teknik membacanya menggunakan teknik deskriptif. Penyajian analisis dilakukan dengan metode informal, yang dimaksud metode informal adalah data yang digunakan penelitian ini berupa tuturan-tuturan yang mengandung tuturan ekspresif yang menggunakan bahasa Jawa yang kemudian dianalisis dan dipaparkan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, bentuk tuturan ekspresif yang terdapat dalam novel Nona Sekretaris berupa 1) tuturan langsung literal, 2) langsung tidak literal, 3) tidak langsung literal, dan 4) tidak langsung tidak literal. Kedua, fungsi tuturan ekspresif yang terdapat dalam novel Nona Sekretaris berupa1) fungsi simpati, 2) menyatakan sikap, 3) berterima kasih, 4) permintaan maaf, 5) pertentangan, 6) pengharapan, dan 7) salam. Berdasarkan hasil tersebut, karya sastra ini bisa dilihat dari sisi pragmatis sehingga dapat memunculkan penelitian-penelitian baru yang lebih bervariasi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: tuturan ekspresif, bentuk tuturan ekspresif, fungsi tuturan, novel.
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
    Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 03:59
    Last Modified: 13 Nov 2015 03:59

    Actions (login required)

    View Item