PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS X MELALUI AKTIVITAS AESOP’S BERBANTUAN GUIDANCE WORKSHEET


Ragil Meita Alfathy, 4201411141 (2015) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS X MELALUI AKTIVITAS AESOP’S BERBANTUAN GUIDANCE WORKSHEET. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411141-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran sains adalah mengembangkan seluruh potensi dan memperoleh pengalaman yang bermanfaat bagi siswa dalam penerapan metode ilmiah. Tujuan ini akan tercapai bila didukung oleh suatu pendekatan pembelajaran yang tepat. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan yaitu pendekatan Aktivitas Aesop’s berbantuan media pembelajaran Guidance Worksheet yang meliputi keterampilan berpikir berbasis observasi, hipotesis-deduktif, analisis data, dan inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pemahaman konsep Fisika materi kalor dan konservasi energi, sikap ilmiah siswa, dan tanggapan siswa MAN 1 Purwokerto dengan penerapan Aktivitas Aesop’s berbantuan Guidance Wo rksheet. Populasi penelitian ini adalah kelas X semester genap MAN 1 Purwokerto. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling dan diperoleh sampel penelitian kelas X-4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X- 2 sebagai kelompok kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest and postest group design. Hasil uji perbedaan dua rata-rata data postes diperoleh thitung (2,3230) > ttabel (1,99) yang berarti rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari kontrol. Hasil uji N-gain pemahaman konsep diperoleh rata-rata N-gain kelompok eksperimen sebesar 0,73 dan kelompok kontrol sebesar 0,60. Hasil uji N-gain setiap aspek sikap ilmiah diperoleh rerata N-gain kelompok eksperimen sebesar 0,45 dan kelompok kontrol sebesar 0,31. Hal ini menunjukkan rata-rata sikap ilmiah awal dan akhir kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Aktivitas Aesop’s berbantuan Guidance Worksheet dapat meningkatkan pemahaman konsep Fisika dan sikap ilmiah siswa kelas X MAN 1 Purwokerto. Kemudian dari hasil angket diketahui respon siswa terhadap pembelajaran Aktivitas Aesop’s berbantuan Guidance Worksheet tinggi, yaitu sebesar 92,5%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Aesop’s, Guidance Worksheet, Sikap Ilmiah, Pemahaman Konsep Fisika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 09:12
Last Modified: 13 Nov 2015 09:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22063

Actions (login required)

View Item View Item