PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI DAERAH BINAAN II KECAMATAN AJIBARANG BANYUMAS


Mardiyatun Mugi Rahayu , 1401411150 (2015) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI DAERAH BINAAN II KECAMATAN AJIBARANG BANYUMAS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411150-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kebiasaan belajar siswa merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh siswa, berupa kebiasaan belajar di sekolah maupun di rumah. Kebiasaan belajar bukan hanya kegiatan yang dilakukan secara rutin mendengarkan penjelasan dari guru, namun juga diskusi dengan teman di kelas maupun di luar kelas. Kebiasaan belajar yang dilakukan oleh siswa berbeda-beda. Dengan kata lain, kebiasaan belajar merupakan cara-cara belajar yang dilakukan oleh siswa untuk memperoleh pengetahuan. Kebiasaan belajar berhubungan positif dengan hasil belajar siswa. Semakin baik kebiasaan belajar siswa maka akan semakin baik pula nilai hasil belajar siswa. Hasil belajar yang difokuskan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Matematika merupakan ilmu yang mempelajari tentang bilangan-bilangan yang memerlukan kemampuan berpikir secara logis. Oleh karena itu, siswa dituntut untuk meningkatkan proses belajar matematika agar dapat memecahkan masalah dengan penalaran khusus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Daerah Binaan II Kecamatan Ajibarang Banyumas yang berjumlah 345 dengan jumlah sampel 177 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara tidak struktur, angket, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji prasyarat analisis. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas data, uji linieritas, uji korelasi, uji analisis regresi sederhana, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data, diperoleh data thitung = 9,134 dengan signifikansi = 0,05 dan ttabel = 1,973. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel (9,134 > 1,973) dan signifikansinya 0,00 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika. besarnya pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika sejumlah 32,3%. Hal ini dapat diartikan bahwa 32,3% hasil belajar matematika dipengaruhi oleh kebiasaan belajar, sedangkan 67,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kebiasaan belajar, dan matematika.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 08:58
Last Modified: 13 Nov 2015 08:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22061

Actions (login required)

View Item View Item