PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KULINER TRADISIONAL KUDUS
Muhammad Arkhan Wicaksono, 2511311008 (2015) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KULINER TRADISIONAL KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman dan pesatnya perkembangan wisata kuliner, di Kota Kudus sudah bermunculan restoran yang lebih modern dan menawarkan makanan dengan taraf internasional maupun makanan dari kota lain dengan promosi besar-besaran membuat banyak makanan tradisional Kota Kudus yang mulai tidak diketahui oleh orang luar selain orang Kudus. Tujuan utama pembuatan tugas akhir ini adalah menghasilkan rancangan media promosi kuliner tradisional Kudus, berupa logo, buku kuliner, maskot, poster, brosur, x-banner, website, billboard, marchendise. Media promosi tersebut dapat memberikan pengaruh positif kepada target audience. Proses penciptaan karya meliputi: (1) Proses preliminary yaitu meliputi proses menemukan ide, proses bimbingan karya, penetapan tujuan karya, analisis target audience, studi pustaka, reduksi pemilihan data, dan penentuan konsep (2) Tahap praproduksi meliputi perancangan media promosi, dan perancangan sketsa media promosi (3) Tahap produksi meliputi pembuatan logo, buku kuliner, maskot, poster, brosur, x-banner, website, billboard, marchendise serta website (4) Tahap pasca produksi meliputi persiapan pameran dan pameran Tugas Akhir telah menghasilkan sebuah rancangan media promosi berupa logo, maskot, poster, billboard, brosur, buku kuliner, x-banner, merchandise dan website. Media promosi kuliner tradisional Kudus menggunakan warna cokelat sebagai warna utama, dan menggunakan font Century Gothic sebagai font utama. Tampilan logo menggunakan bentuk pointer yang di dalamnya terdapat gambar vector dari rempah-rempah khas Indonesia, pada maskot menggunakan bentuk hewan kerbau, poster dan billboard ditampilkan dengan menggunakan foto salah satu kuliner tradisional Kudus, buku kuliner Kudus ditampilkan dengan membagi menjadi tiga bagian yaitu halaman cover, informasi kuliner dan peta kuliner, kemudian pada brosur dibuat dengan informasi yang sangat mendetail, selanjutnya halaman website ditampilkan dengan membagi menjadi tiga bagian yaitu halaman home, culinary, dan location. Sasaran utama dari perancangan media promosi kuliner tradisional Kudus adalah masyarakat dengan usia 14 tahun ke atas. Perancangan media promosi kuliner tradisional Kota Kudus ini mempromosikan delapan jenis kuliner tradisional Kudus yaitu soto ayam, soto kerbau, pindang kerbau, sate kerbau, lentog, opor bakar, garang asem, danpecelpakis.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kuliner Tradisional Kudus, Media Promosi |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3 |
Depositing User: | sumarsono mahasiswa unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 08:53 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 08:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22058 |
Actions (login required)
View Item |