PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL JIGSAW DENGAN MEDIA FLIPCHART PADA SISWA KELAS IV SDN MANGUNSARI SEMARANG


ERIN ERLINDA , 1401411148 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL JIGSAW DENGAN MEDIA FLIPCHART PADA SISWA KELAS IV SDN MANGUNSARI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411148-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di jenjang SD merupakan ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam yang mengkaji tentang manusia, dan lingkungannya. Berdasarkan refleksi dengan kolaborator, dijumpai masalah pada pembelajaran IPA kelas IV SDN Mangunsari Semarang. Permasalahan tersebut terjadi karena guru kurang bervariasi dalam menggunakan model dan media pembelajaran, guru kurang memaksimalkan kegiatan siswa untuk belajar secara kooperatif,dan kurang memotivasi siswa. Siswa menjadi kurang aktif, kurang berani mengemukakan pendapatnya, kurang bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan guru, kurang antusias, kurang memperhatikan, dan cepat merasa bosan. Sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah, hanya 8 siswa (33,3%) yang dapat mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 68. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui model Jigsaw dengan media Flipchart pada siswa kelas IV SDN Mangunsari Semarang? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model Jigsaw dengan media Flipchart pada siswa kelas IV SDN Mangusari Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,dan refleksi. Penelitian ini dilakukan II siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah guru sebagai peneliti dan siswa kelas IV SDN Mangunsari sejumlah 24. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi/pengamatan, catatan lapangan, dan wawancara dianalis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I memperoleh rata-rata skor 35,5 dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat dengan perolehan rata-rata skor 44 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 30 dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat dengan perolehan rata-rata skor 35,1 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa peda siklus I diperoleh rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 62,5% dan pada siklus II diperoleh rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 83,5%. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model Jigsaw dengan media Flipchart dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Mangunsari Semarang. Saran bagi guru adalah model Jigsaw dengan media Flipchart dapat digunakan sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPA, Jigsaw, Flipchart
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 08:53
Last Modified: 13 Nov 2015 08:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22057

Actions (login required)

View Item View Item