MUSIK REBANA AL KHOIRIYAH DI DESA WARU KECAMATAN REMBANG KABUPATEN REMBANG : KAJIAN BENTUK PENYAJIAN DAN ARANSEMEN MUSIK


Suhartati, 2501914033 (2015) MUSIK REBANA AL KHOIRIYAH DI DESA WARU KECAMATAN REMBANG KABUPATEN REMBANG : KAJIAN BENTUK PENYAJIAN DAN ARANSEMEN MUSIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501914033-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

masyarakat di desa Waru kecamatan Rembang kabupaten Rembang. Rebana AL Khoiriyah termasuk pada kelompok musik rebana modern. Alat yang dimainkan adalah alat musik rebana tradisional dipadukan dengan alat musik elektrik modern. Grup musik rebana Al Khoiriyah sering tampil atau pentas pada acara-acara yang beragam. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui secara dekat tentang bagaimana sebenarnya grup rebana Al Khoiriyah di desa Waru kecamatan Rembang kabupaten Rembang. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk penyajian dan aransemen musik rebana Al Khoiriyah di desa Waru kecamatan Rembang kabupaten Rembang. Metode penelitian ini dilakukan secara deskriptif kwalitatif. Subjek penelitian adalah para pemain, tokoh masyarakat di desa Waru kecamatan Rembang kabupaten Rembang. Pengumpulan data dengan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data terbagi tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk penyajian musik rebana Al Khoiriyah di desa Waru kecamatan Rembang kabupaten Rembang berbentuk ansambel campuran. Perpaduan alat musik tradisional rebana dengan alat musik modern. Urutan penyajian terdiri dari awal, inti dan penutup/akhir. Tata panggung, tata lampu dan tata suara menyesuaikan dengan kondisi acara yang diadakan oleh orang yang punya kerja. Sedangkan tata busana mengenakan busana muslim dan tat arias cantik yang sederhana. Aransemen musiknya cenderung ke aliran musik dangdut atau melayu. Seringkali saat tampil menyajikan lagu menerapkan intro berupa melodi dari alat musik elektrik. Pada akhir dari penelitian ini peneliti menyampaikan saran sebagai berikut;(1) Agar supaya lebih menarik lagi hendaknya tata riasnya diperkuat/menor, meningkatkan pemakain kostum busana muslim yang modis/trendi dan menyusun pola/bloking yang bervariasi;(2) Aransemen musik yang bervariasi dengan memunculkan gendang ciblon sundaan sehingga tidak membosankan bagi penggemarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Rebana, Bentuk Penyajian, Aransemen.
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 08:37
Last Modified: 13 Nov 2015 08:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22049

Actions (login required)

View Item View Item