KEANEKARAGAMAN SPESIES DAN DISTRIBUSI LONGITUDINAL IKAN DI SUNGAI KREO SEMARANG SEHUBUNGAN DENGAN AIR LINDI TPA JATIBARANG SEMARANG


Chatarina Rifki Astuti, 4411410025 (2015) KEANEKARAGAMAN SPESIES DAN DISTRIBUSI LONGITUDINAL IKAN DI SUNGAI KREO SEMARANG SEHUBUNGAN DENGAN AIR LINDI TPA JATIBARANG SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4411410025-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sungai Kreo merupakan salah satu ekosistem yang di dalamnya terdapat beberapa komponen yang saling berinteraksi satu sama lain komponen-komponen ini meliputi biotik dan abiotik. Ikan sebagai salah satu komponen biotik yang dapat dijadikan sebagai salah satu indikator tingkat pencemaran yang terjadi di dalam perairan. Bahan-bahan organik dan non-organik yang masuk ke dalam perairan menyebabkan terjadinya perubahan kondisi perairan baik faktor fisika, kimia, dan biologi. Salah satu tempat penyumbang bahan-bahan organik dan non organik di sekitar Sungai Kreo adalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif. Pengambilan sampel ikan dilakukan di lima stasiun yang ditentukan (purposive sampling) sampel diambil menggunakan jala tebar, ikan yang diperoleh selanjutnya diidentifikasi jenis serta dihitung jumlah tiap jenisnya. Data yang diperoleh dianalisis indeks keanekaragaman (H’), indeks Dominansi (C), dan indeks kemerataan (E). Pengukuran faktor fisika dan kimia dilakukan bersama saat pengambilan sampel ikan. Hasil penelitian menujukkan ikan yang tertangkap ada 6 spesies yaitu Wader Pari (Rasbora argyrotaenia), Wader Boko (Rasbora caudimaculata), Mujair (Oreochromis mossambicus), Kutuk (Channa striata), Nila (Oreochromis nilotcus), dan Lele (Clarias batracus) serta Udang (Macrobachium pilimanus). Berdasarkan hasil penelitian keanekaragaman spesies di Sungai Kreo tergolong sedang (0-1,62), distribusi longitudinal spesies ikan tidak merata di lima stasiun dan terdapat spesies yang mendominasi wilayah, yaitu Udang (Macrobrachium pilimanus). Hasil penelitian disimpulkan bahwa kualitas air di Sungai Kreo sehubungan dengan keberadaan TPA Jatibarang berdasarkan indikator keanekaragaman spesies ikan, tergolong dalam perairan tercemar sedang dimana 1<H’<3. Untuk itu dibutuhkan kesadaran dri semua pihak untuk pengolahan limbah agar limbah yang dibuang ke Sungai Kreo tidak menggangu ekosistem serta ketentuan baku mutu air Sungai Kreo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman Spesies, Dristribusi Lngitudinal dan Kualitas Air.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 08:33
Last Modified: 13 Nov 2015 08:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22047

Actions (login required)

View Item View Item