METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN ELEMEN GERAK TARI MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 26 SEMARANG


Siti Rodiyah, 2501914030 (2015) METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN ELEMEN GERAK TARI MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 26 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501914030-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode demonstrasi diartikan sebagai cara penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada peserta didik suatu proses, situasi atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik dalam bentuk sebenarnya maupun bentuk tiruan. Pokok Permasalahan yang diajukan yaitu: Bagaimana Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Elemen Gerak Tari Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa Kelas VII A SMP Negeri 26 Semarang. Tujuan Penelitian yaitu untuk Mengetahui, memahami dan mendeskripsikan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Elemen Gerak Tari Mata Pelajaran Seni Budaya Siswa Kelas VII A SMP Negeri 26 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan pendekatan phenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu: sumber, metode, dan teori. Pada kurikulum 2013, materi elemen gerak tari meliputi: tenaga, ruang, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi didukung metode ceramah dan berbantuan media LCD, diperoleh hasil proses pembelajaran elemen gerak tari siswa kelas VII A SMP dalam mata pelajaran seni budaya (elemen gerak tari) dapat dilihat dari segi kognitif, afektif, dan psikomotor. Segi kognitif yaitu siswa dapat mendeskripsikan ragam elemen gerak tari, segi afektif yaitu dapat dilihat dari siswa yang bisa melakukan elemen gerak tari dengan ekspresi wajah, dan segi psikomotor dapat dilihat dalam proses pembelajaran siswa yang mampu melakukan elemen gerak tari dari awal hingga akhir dengan tehnik gerak yang benar. Cara ini dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam hal pemahaman materi dan kerja sama dengan teman, berani mengeluarkan pendapat dan bertanya, sehingga memberikan situasi belajar yang menyenangkan bagi siswa untuk giat belajar, juga meningkatkan kemampuan dan hasil belajarnya. Saran yang ditujukan yaitu pembelajaran melalui Metode Demonstrasi perlu dicoba dan dilaksanakan oleh guru, khususnya pada materi Elemen Gerak Tari atau pada materi lain yang ada pada mata pelajaran seni budaya. Sedangkan saran untuk siswa, untuk dapat ikut aktif berperan serta pada kegiatan metode demonstrasi dengan dimotivasi oleh guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi dan Elemen Gerak Tari.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 08:33
Last Modified: 13 Nov 2015 08:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22045

Actions (login required)

View Item View Item