PENGARUH STRATEGI DISCOVERY LEARNING DENGAN RISET PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMPN 3 BATANG

Alfina, 4401411138 (2015) PENGARUH STRATEGI DISCOVERY LEARNING DENGAN RISET PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMPN 3 BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3767Kb)

    Abstract

    Pembelajaran hendaknya menekankan pada keterlibatan siswa secara langsung dan aktif sehingga menjadi bermakna dengan proses penemuan (Discover). Hasil observasi di SMP Negeri 3 Batang menunjukkan bahwa proses pembelajaran sebagian masih berpusat pada guru di kelas dan buku teks sebagai sumber belajar yang utama. Di sisi lain, SMPN 3 Batang merupakan sekolah favorit karena menerima siswa yang benar-benar berkualitas dan berprestasi, sehingga dengan input yang baik, ada peluang untuk diterapkannya strategi pembelajaran Discovery Learning dengan riset pada materi sistem ekskresi. Discovery Learning merupakan salah satu strategi pembelajaran penemuan. Riset dideskripsikan sebagai suatu proses yang bertujuan untuk menemukan informasi atau fakta-fakta dengan metode ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi Discovery Learning dengan riset pada materi sistem ekskresi terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dengan Quasi-Eksperimental Designs tipe Posstest-Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Batang tahun 2014/2015 yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik purposif sampling. Sampel penelitian ini yaitu VIII G (kelas eksperimen) dan VIII F (kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dilihat dari persentase aktivitas siswa secara klasikal pada kelas eksperimen sebesar 100% sangat aktif dan aktif sedangkan kelas kontrol 72,73%. Hasil uji t rata-rata hasil belajar diperoleh thitung sebesar 11,614 sedangkan ttabel=1,687, thitung> ttabel sehingga H0 ditolak, maka ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi Discovery Learning dengan Riset berpengaruh positif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Batang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Riset, Aktivitas, Hasil belajar siswa
    Subjects: Q Science > QL Zoology
    Q Science > QM Human anatomy
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: muhamad slamet unnes
    Date Deposited: 13 Nov 2015 03:21
    Last Modified: 13 Nov 2015 03:25

    Actions (login required)

    View Item