PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI PROTISTA


Diah Ayuningrum, 4401411135 (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI PROTISTA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4411410025-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi SMA N 1 Rembang, diperoleh fakta bahwa guru menyukai penggunaan metode ceramah berbantuan powerpoint dan tanya jawab daripada model PBL untuk materi protista. Output metode ini siswa mampu menghafal nama-nama spesies dari kelas protista, sehingga keterampilan berpikir siswa hanya sampai C2 saja. Oleh karena itu untuk mengurangi kebiasaan menghafal pada materi ini perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang mampu mengasah keterampilan berpikir siswa, termasuk keterampilan berpikir kritis. Salah satu model pembelajaran yang memenuhi kriteria tersebut adalah Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menguji apakah model PBL berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada mata pelajaran biologi materi Protista. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Rembang pada semester gasal 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X MIA 5, X MIA 6 dan X MIA 7. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, diperoleh dua kelas yaitu kelas X MIA 5 berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan X MIA 6 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil analisis uji beda dua rerata post-test dan N-gain menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Hasil uji-t post-test diperoleh thitung sebesar 10,12 dengan taraf ketidakpastian 5% dan dk= 59 dan harga t tabel = 1,67, sehingga Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Hasil uji-t n-Gain yang menggunakan taraf ketidakpastian 5% dan dk= 59 diperoleh harga t tabel = 1,98 sedangkan harga t hitung = 3,55. Harga t hitung > t tabel , sehingga Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa peningkatan rata-rata keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Penerapan model PBL berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi protista.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, problem based learning, keterampilan berpikir kritis, protista
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 08:21
Last Modified: 13 Nov 2015 08:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22040

Actions (login required)

View Item View Item