PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MATERI BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN DI SMP


Retno Wulan, 4401411133 (2015) PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MATERI BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN DI SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401411133-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi di SMP Negeri 1 Ungaran menunjukkan bahwa proses pembelajaran sebagian besar masih dilaksanakan secara konvensional, berpusat pada guru, belum menekankan konsep konstruktivisme, siswa banyak belajar dari menghafal, dan keaktifan siswa kurang. Dimungkinkan hal tersebut mempengaruhi rendahnya hasil belajar. Dokumen hasil belajar siswa pada 3 kelas tahun ajaran 2013/2014 menunjukkan bahwa pada materi bahan kimia dalam kehidupan ketuntasan klasikal masing-masing berturut-turut sebesar 54,29%, 50%, dan 45,72% (KKM mata pelajaran IPA di SMPN 1 Ungaran: 80). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran materi bahan kimia dalam kehidupan yang diterapkan dengan pembelajaran kontekstual menggunakan model Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Ungaran yang terdiri dari 8 kelas. Dua kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII H (kelas eksperimen) dan VIII F (kelas kontrol), yang ditentukan dengan teknik purposif sampling. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai hasil belajar kelas eksperimen berbeda secara signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol, rerata nilai kelas eksperimen lebih tinggi (86,31) dibandingkan kelas kontrol yaitu 77,86, dengan ketuntasan klasikal mencapai 100%. Secara keseluruhan guru memberi tanggapan yang positif, sedangkan seluruh siswa memberi tanggapan dengan kategori baik dan sangat baik (tidak ada tanggapan siswa dengan kategori kurang baik maupun jelek) terhadap pembelajaran kontekstual model Numbered Heads Together (NHT) pada materi bahan kimia dalam kehidupan yang diterapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual dengan model NHT pada materi bahan kimia dalam kehidupan yang diterapkan dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa di SMP N 1 Ungaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kotekstual, Numbered Heads Together (NHT), bahan kimia dalam kehidupan.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 08:17
Last Modified: 13 Nov 2015 08:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22037

Actions (login required)

View Item View Item