PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENDEKATAN PROJECT BASE LEARNING DENGAN TEORI MULTIPLE INTELLIGENCE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X


Septiani Prawati, 4201411139 (2015) PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENDEKATAN PROJECT BASE LEARNING DENGAN TEORI MULTIPLE INTELLIGENCE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411139-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan memahami konsep merupakan syarat awal pencapaian keberhasilan dalam pembelajaran fisika. Pelajaran fisika bukan pelajaran hafalan, tetapi pelajaran yang menuntut siswa untuk memahami konsep dan mengaplikasikan konsep. Sebagian besar orang beranggapan bahwa kecerdasan seseorang lebih banyak ditentukan oleh kemampuan menyelesaikan serangkaian tes IQ yang kemudian tes itu diubah menjadi angka standar kecerdasan. Padahal pembelajaran yang terjadi di sekolah tidak mengembangkan keterampilan siswa melalui berbagai kegiatan praktikum ataupun pengerjaan proyek. Pembelajaran dengan cara seperti itu menyebabkan siswa kurang dapat memahami materi dan tidak dapat menyelesaikan berbagai persoalan fisika yang diberikan. Akibatnya kreativitas siswa rendah dan berdampak pada hasil belajar kognitif juga rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas X setelah pemberian pendekatan PjBL dengan teori multiple intelligence pada pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, metode yang digunakan yaitu quasi experimental design menggunakan nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk hasil belajar dan observasi untuk kreativitas. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XC dan XD SMA Negeri 8 Semarang dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 30 orang. Peningkatan kreativitas dan hasil belajar diketahui dari hasil perhitungan uji gain yang kemudian dikategorikan. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh hasil bahwa besarnya peningkatan kreativitas dari uji gain yaitu sikap kreatif sebesar 0,51 dikategorikan sedang, berpikir kreatif sebesar 0,76 dikategorikan tinggi, dan produk kreatif sebesar 0,81 dikategorikan tinggi. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa dengan adanya penerapan PjBL dengan teori multiple intelligence.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Project Base Learning, Multiple Intelligence, Kreativitas, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 08:08
Last Modified: 13 Nov 2015 08:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22032

Actions (login required)

View Item View Item