METODE PEMBELAJARAN BIOLA DI STARMOON MUSIC SCHOOL SEMARANG


Setyo Ahmadi, 2501410025 (2014) METODE PEMBELAJARAN BIOLA DI STARMOON MUSIC SCHOOL SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501410025-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

“Starmoon Music School” merupakan lembaga kursusan musik yang cukup terkenal di Semarang. Kelas yang paling diminati adalah kelas biola. Menurut pengamatan peneliti, banyak peserta didik pembelajaran biola yang sudah mahir dalam bermain biola. Pengajar dalam menerapkan pembelajaran biola tentu menggunakan beberapa metode untuk bisa menyukseskan dalam proses pembelajaran. Rasa keingintahuan tentang pembelajaran biola di Starmoon Music School menjadikan perumusan masalah sebagai berikut: (1) Faktor-faktor apakah yang menarik minat belajar biola di Starmoon Music School? (2) Bagaimana metode pembelajaran biola di Starmoon Music School? Terkait hal tersebut, peneliti tertarik untuk menjadikan Starmoon Music School sebagai objek penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitif deskriptif, dengan lokasi penelitian di Starmoon Music School Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Starmoon Music School Semarang: (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar biola terdiri atas faktor instrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor instrinsik berasal dari diri peserta didik berupa kebutuhan untuk belajar dan bakat. Faktor ekstrinsik berasal dari luar peserta didik seperti: orang tua, teman, dan Starmoon Music School. (2) Metode yang digunakan untuk mengajar adalah: (a) ceramah, metode ceramah disini hanya digunakan pada awal penyampaian materi baru, (b) imitasi dan demonstrasi, pada materi lagu baru pengajar akan memainkan terlebih dahulu lagu tersebut dan peserta didik mengamati dan juga mendengarkan. Pembelajaran menggunakan media papan tulis dan buku panduan serta jika dibutuhkan menggunakan keyboard sebagai pengiring. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan: (1) untuk siswa supaya lebih tidak banyak bercanda dengan pengajar, (2) untuk pengajar memperbaiki cara penyampaian materi supaya lebih jelas dan dimengerti oleh siswanya, dan (3) bagi Starmoon Music School hendaknya membuat kelas khusus biola yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode, pembelajaran, biola
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 08:05
Last Modified: 13 Nov 2015 08:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22030

Actions (login required)

View Item View Item