APREASIASI MASYARAKAT SEMARANG TERHADAP PERTUNJUKAN KESENIAN JAWA TENGAH DI TAMAN KELUARGA BERENCANA (KB) SIMPANG LIMA KOTA SEMARANG


Isnaenny Samad, 2501914013 (2015) APREASIASI MASYARAKAT SEMARANG TERHADAP PERTUNJUKAN KESENIAN JAWA TENGAH DI TAMAN KELUARGA BERENCANA (KB) SIMPANG LIMA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501914013-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyaknya warisan kebudayaan dan kesenian yang telah diberikan oleh para nenek moyang terdahulu menjadikan Jawa Tengah adalah sebagai satu pelopor kebudayaan dan kesenian nasional. Namun saat ini peminat dari kesenian Jawa Tengah khususnya dikota Semarang terus berkurang. Keberadaan sanggar- sanggar kesenian hampir menghilang dikarenakan sudah hilangnya kepedulian untuk melestarikan kebudayaan Jawa Tengah. Menanggapi solusi yang ada dalam masyarakat tersebut, Pemda Kota Semarang bekerjasama dengan dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk melakukan pertunjukan budaya secara rutin diadakan dikawasan Taman KB kota Semarang sebagai langkah melestarikan serta Nguri-nguri budaya Jawa Tengah agar tidak hilang oleh dampak globalisasi. Melalui permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian tentang Apresiasi Masyarakat Semarang Terhadap Pertunjukan Kesenian Jawa Tengah di Simpang Lima (Taman KB). Dari kajian tersebut, masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah motivasi pemerintah Semarang terhadap penyelenggaraan pertunjukan kesenian Jawa Tengah di Simpang Lima tepatnya Taman KB? 2) Bagaimana apresiasi masyarakat Semarang terhadap kesenian Jawa Tengah?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menggunakan deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang. Lokasi penelitian adalah pertunjukan kesenian di Taman KB Semarang. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara sistimatis dari proses pengumpulan data, mereduksi, mengklarifikasi, mendeskripsikan dan menginterpretasikan masing-masing bagian. Hasi penelitian menunjukan bahwa Apresiasi masyarakat Semarang terhadap pertunjukan kesenian Jawa Tengah di Simpang Lima dapat disimpulkan minat masyarakat Semarang terhadap kebudayaan tradisional Jawa masih sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang antusias untuk melihat pertunjukan dan memberikan apresiasi terhadap pertunjukan. Apresiasi masyarakat terhadap pertunjukan kesenian dapat dilihat dari keinginan masyarakat yang ingin lebih sering adanya pertunjukan Jawa Tengah di Semarang untuk menunjukkan eksistensi budaya lokal agar tidak hilang. Dalam artian bahwa, melaui berbagai sarana komunikasi dan informasi seharusnya mampu memberikan pengaruhnya yang sangat besar terhadap keberadaan seni pertunjukan tradisional. Saran bagi pemerintah Semarang hendaknya ikut membina membudayakan kesenian Jawa Tengah sebagai salah satu aset seni pertunjukan di Semarang, baik melalui kegiatan panggung hiburan festival tahunan seni tradisional di Semarang ataupun sebagai komoditas untuk kepentingan kepariwisataan kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Apresiasi, Kesenian, Masyarakat.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 08:00
Last Modified: 13 Nov 2015 08:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22029

Actions (login required)

View Item View Item