KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN PADA SISWA KELAS V SDN 1 KARANGBAWANG BANYUMAS


Titik Nur Rochmah , 1401411146 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN PADA SISWA KELAS V SDN 1 KARANGBAWANG BANYUMAS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411146-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu materi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V yaitu menulis laporan pengamatan. Tujuan laporan pengamatan yaitu memberikan informasi dan fakta hasil pengamatan kepada masyarakat. Berdasarkan hasil wawancara, pembelajaran menulis laporan pengamatan masih menerapkan model konvensional, tanpa diselingi model lain. Hal ini menyebabkan siswa jenuh dalam pembelajaran, sehingga tidak semua siswa mampu menguasai materi. Siswa juga mengalami kesulitan mengembangkan ide dan objek yang diamati. Oleh karena itu, peneliti ingin menerapkan model pembelajaran yang tidak menjenuhkan siswa. Salah satu model yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran mind mapping. Model tersebut mampu mengembangkan semangat, kreativitas, dan ide siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model mind mapping dalam menilai hasil belajar psikomotor berupa menulis laporan pengamatan. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas V SDN 1 Karangbawang 2014/2015. Kelas VA menjadi kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Kelas VB menjadi kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran mind mapping. Populasi penelitian berjumlah 83 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling. Pada teknik ini, diperoleh 68 siswa sebagai sampel. Jumlah sampel masing-masing kelas yaitu 34 siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Desain ini menghendaki adanya tes awal dan tes akhir penelitian. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil uji hipotesis pertama yaitu thitung > ttabel (3,652 > 1,997). Nilai tersebut menunjukkan terdapat perbedaan rata- rata nilai antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil uji hipotesis kedua menunjukkan thitung > ttabel (5,829 > 2,035). Hal ini menunjukkan rata-rata nilai kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis laporan pengamatan pada siswa kelas V SDN 1 Karangbawang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, menulis laporan pengamatan, model mind mapping
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 08:03
Last Modified: 13 Nov 2015 08:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22028

Actions (login required)

View Item View Item