HUBUNGAN ANTARA PENDEKATAN SAINTIFIK DAN INTERAKSI INTERPERSONAL GURU IPA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMP


Arnita Cahya Saputri, 4401411091 (2015) HUBUNGAN ANTARA PENDEKATAN SAINTIFIK DAN INTERAKSI INTERPERSONAL GURU IPA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401411091-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran yaitu menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik juga diyakini sebagai titian emas perkembangan dan pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan siswa. Disisi lain, hasil belajar yang optimal banyak dipengaruhi oleh berbagai komponen belajar mengajar, diantaranya adalah hubungan antara guru dan siswa. Selain itu, hasil belajar juga dipengaruhi oleh faktor pendekatan yang digunakan guru dalam pembelajaran, dalam kurikulum 2013 adalah penerapan pendekatan saintifik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara pendekatan saintifik dan interaksi interpersonal guru IPA dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Semarang baik pada ranah pengetahuan, keterampilan dan sikap. Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang digunakan untuk meneliti hubungan antara variabel bebas (pendekatan saintifik dan interaksi interpersonal guru IPA) dengan variabel terikat (hasil belajar siswa). Penelitian korelasional pada penelitian ini menggunakan rancangan penelitian penjelasan (explanatory research design). Explanatory research design adalah desain korelasional dimana peneliti tertarik dalam dua variabel atau lebih yang bervariasi yaitu perubahan dalam satu variabel merefleksi variabel yang lain. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Semarang dan guru IPA. Sampel yang dipilih menjadi responden dalam penelitian ini sebanyak 96 siswa dan satu guru IPA. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen kuesioner pendekatan saintifik, Questionnaire on Teacher Interaction (QTI), lembar observasi serta dokumentasi perangkat pembelajaran IPA dan hasil belajar siswa dari tes dan non tes yang dilakukan guru. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik dan secara deskriptif. Hasil dari uji korelasi dan regresi menunjukkan bahwa ada hubungan antara pendekatan saintifik dan interaksi interpersonal guru dengan hasil belajar ranah pengetahuan yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,713 dan koefisien determinasi (r2)= 0,509, hasil belajar siswa ranah keterampilan dengan r= 0,703 dan koefisien determinasi r2= 0,495 serta hasil belajar siswa ranah sikap dengan r= 0,649 dan r2= 0,412. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif dan kuat antara pendekatan saintifik dan interaksi interpersonal guru IPA dengan tiga ranah hasil belajar siswa. Hal ini berarti semakin baik keterlaksanaan pendekatan saintifik dan semakin baik karakter interaksi interpersonal yang dipersepsi siswa maka semakin baik pula hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendekatan saintifik, interaksi interpersonal, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 07:48
Last Modified: 13 Nov 2015 07:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22018

Actions (login required)

View Item View Item