HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL GUIDED INQUIRY MATERI SISTEM PERNAPASAN DI SMA N 2 SRAGEN


Endah Septianingrum, 4401411060 (2015) HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL GUIDED INQUIRY MATERI SISTEM PERNAPASAN DI SMA N 2 SRAGEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401411060-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi di SMA Negeri 2 Sragen menunjukkan bahwa proses pembelajaran Biologi bersifat Teacher centered learning dengan metode ceramah. Pembelajaran belum menekankan konsep penyelidikan, siswa banyak belajar dari menghafal, sulit memahami materi, belum dapat menemukan sendiri konsep-konsep pembelajaran, belum berpengalaman melakukan pembelajaran inquiry, yang berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar. Konfirmasi lebih lanjut terhadap dokumen hasil belajar siswa pada tiga kelas tahun ajaran 2013/2014 menunjukkan bahwa pada materi sistem pernapasan ketuntasan klasikal siswa belum maksimal, masing-masing sebesar 50%, 49%, dan 46,73% (KKM Biologi di SMA N 2 Sragen ≥ 75). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran materi sistem pernapasan yang diterapkan dengan model Guided Inquiry. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Sragen, kelas XI Semester Genap tahun 2014/2015, merupakan Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent control group design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 2 Sragen yang terdiri dari 6 kelas. Sampel terdiri dari kelas XI IPA 1 (kelas eksperimen) dan XI IPA 2 (kelas kontrol), yang ditentukan secara purposive sampling. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai hasil belajar posttest kelas eksperimen berbeda signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol, rerata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi (89,62) dibandingkan kelas kontrol yaitu (77,75), dengan ketuntasan klasikal mencapai 100%. Berdasarkan uji N-gain peningkatan pemahaman siswa terhadap materi setelah kegiatan pembelajaran dilakukan pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Jumlah siswa yang mencapai kategori tinggi, sedang, dan rendah pada kelas eksperimen berturut-turut adalah 72%, 28%, dan 0%. Pada kelas kontrol 50%, 25%, dan 25%. Terhadap pembelajaran model Guided Inquiry yang diterapkan, secara keseluruhan guru memberi tanggapan yang sangat positif, sedangkan seluruh siswa memberi tanggapan dengan kategori baik dan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa pembelajaran model Guided Inquiry pada materi sistem pernapasan yang diterapkan dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa di SMA N 2 Sragen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Guided Inquiry, Sistem pernapasan
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 07:43
Last Modified: 13 Nov 2015 07:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22016

Actions (login required)

View Item View Item