IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTU GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMP


Marfungah Ichmawati , 4201411125 (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTU GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411125-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran saat ini lebih menitik beratkan pada penggunaan metode yang lebih banyak memberikan peluang bagi siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan belajar. Berdasarkan hasil observasi di sekolah metode diskusi dan presentasi yang sering dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran fisika belum dapat mengaktifkan seluruh siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa yang dicapai belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran time token berbantu guided note taking dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif fisika siswa SMP. Desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest-Posttest Design dan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Uji statistika yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji gain ternormalisasi. Berdasarkan penelitian, diperoleh rata-rata keaktifan siswa pada pertemuan pertama 60,48% masuk dalam kriteria aktif, nilai rata-rata keaktifan siswa pada pertemuan ketiga 82,62% masuk dalam kriteria sangat aktif. Hasil belajar kognitif siswa dalam penelitian dilihat dari rata-rata nilai pretest dan nilai postest. Rata-rata nilai prestest kelas eksperimen sebesar 42,30 sedangkan rata-rata nilai postest kelas eksperimen 78,44. Hasil uji N-gain keaktifan siswa diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,56 sedangkan pada hasil belajar kognitif diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,63. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran time token berbabtu guided note taking dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: guided note taking, hasil belajar kognitif, keaktifan, time token
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 07:55
Last Modified: 13 Nov 2015 07:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22013

Actions (login required)

View Item View Item