KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP ACADEMIC SKILL DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI KALOR


Andi Kurniawan, 4201411120 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP ACADEMIC SKILL DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI KALOR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411120-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyaknya penggunaan metode pembelajaran fisika yang masih bersifat ceramah dan keterbatasan serta kurangnya pendayagunaan alat-alat praktikum mengakibatkan kecakapan akademik (academic skill) dan penguasaan konsep siswa kurang dan perlu ditingkatkan. Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) diharapkan dapat mengembangkan academic skill dan meningkatkan penguasaan konsep siswa. GI lebih menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa serta sangat cocok untuk pelajaran sains. Untuk mendukung hal tersebut maka ditambahkan metode eksperimen agar peserta didik dapat mengasah dan meningkatkan academic skill. Hal ini dikarenakan eksperimen dapat membangkitkan motivasi belajar sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation berbasis eksperimen terhadap academic skill dan menentukan keefektifan peningkatan penguasaan konsep siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-Experimental dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Berdasakan analisis skor penilaian penerapan model GI berbasis eksperimen berpengaruh signifikan terhadap academic skill siswa karena berada pada skala 3,6 atau kriteria tinggi, sedangkan pada penguasaan konsep siswa berdasarkan uji gain meningkat sebesar 0,59 dengan pencapaian ketuntasan individu akan tetapi belum mencapai ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Group Investigation berbasis eksperimen berpengaruh signifikan terhadap perkembangan academic skill siswa akan tetapi belum efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi kalor di SMA Negeri 1 Bergas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Group Investigation Berbasis Eksperimen, Academic Skill, Penguasaan Konsep, Kalor
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 07:32
Last Modified: 13 Nov 2015 07:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22011

Actions (login required)

View Item View Item