EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN ARTIKEL ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA SISWA SMP


Sanatul Hidayah, 4401410100 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN ARTIKEL ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA SISWA SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401410100-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran di kelas yang lebih sering diajarkan menggunakan metode ceramah yang dipadu dengan diskusi (menjawab pertanyaan). Pada umumnya, kegiatan pembelajaran tergantung pada pembicaraan guru atau pemberian sebuah pertanyaan sederhana dan jawabannya hanya melibatkan daya ingat dasar. Siswa jarang mendapat kesempatan untuk mengajukan pertanyaan atau bertukar pikiran dengan siswa lain di dalam kelas. Hal ini mengakibatkan dalam pembelajaran siswa merasa bosan, siswa cenderung belajar menghafal dan tidak menimbulkan adanya “pengertian”, inisiatif dan kreativitas siswa kurang berkembang. Kondisi ini jelas tidak mendukung siswa dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, sehingga siswa belum terlatih untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang diberikan oleh guru. Penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan artikel ilmiah bertujuan untuk : (1) mengetahui hasil tes pemecahan masalah IPA pada siswa ditinjau dari ketercapaian kriteria ketuntasan belajar dengan penggunaan model pembelajaran CPS berbantuan artikel ilmiah. (2) mengetahui perbedaan rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah IPA pada siswa dengan penggunaan model pembelajaran CPS berbantuan artikel ilmiah dan metode ceramah yang dipadu dengan diskusi (menjawab pertanyaan) pada materi pencemaran lingkungan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 5 Semarang tahun ajaran 2013/2014. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan pembelajaran CPS berbantuan artikel ilmiah dan kelas VII H sebagai kelompok kontrol dengan metode ceramah yang dipadu dengan diskusi (menjawab pertanyaan). Data diperoleh dengan metode tes untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa yang mencapai KKM klasikal sebesar 93,10%. Uji perbedaan dua rata-rata menghasilkan . Berdasarkan penilaian sikap (afektif) dan keaktifan siswa, diperoleh hasil bahwa sikap kepedulian lingkungan dan keaktifan siswa kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol. Sehingga berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah kelompok eksperimen dengan kemampuan pemecahan masalah kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, CPS (Creative Problem Solving), Artikel ilmiah
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 07:32
Last Modified: 13 Nov 2015 07:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22010

Actions (login required)

View Item View Item