PENERAPAN METODE BELAJAR BERBASIS PROYEK DALAM MATA PELAJARAN FINISHING KONSTRUKSI KAYU MENGGUNAKAN POLITUR PADA SISWA KELAS XI TEKNIK FURNITUR SMK N 2 SALATIGA TAHUN 2014-2015


Mochammad Miftacul Huda , 5101410011 (2015) PENERAPAN METODE BELAJAR BERBASIS PROYEK DALAM MATA PELAJARAN FINISHING KONSTRUKSI KAYU MENGGUNAKAN POLITUR PADA SISWA KELAS XI TEKNIK FURNITUR SMK N 2 SALATIGA TAHUN 2014-2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5101410011-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Finishing kayu, merupakan cara mengolah serta memberi sentuhan akhir pada perabot ataupun meubelair yang masih mentah menjadi barang bernilai ekonomis tinggi sehingga dapat menambah nilai jual. Dengan demikian maka untuk mendapatkan hasil finishing yang baik perlu adanya pembelajaran yang di anggap tepat dalam mempersiapkan dan mengajarkan bagaimana proses finishing berlangsung, disini penyusun berkesempatan untuk menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek dengan harapan yaitu untuk memberikan pengajaran dan pembelajaran guna mendapatkan hasil yang maksimal sehingga para siswa mampu untuk berorintasi dengan kecakapan hidup atau life skill sehingga diharapkan setelah lulus mampu untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek pada kelas XI Teknik Furnitur SMK Negeri 2 Salatiga pada mata pelajaran finishing kayu menggunakan politur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yaitu dengan menggunakan siklus pembelajaran dengan tujuan pembelajaran untuk mengetahui hasil belajar dengan proses pengamatan pada setiap siklusnya. Aspek yang diamati adalah tahapan proses pekerjaan finishing kayu menggunakan politur pada siswa program keahlian Teknik Furnitur di SMK Negeri 2 Salatiga, Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran berbasis proyek mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata setiap siklus 80,0 sesuai standar kelulusan yang sudah disetujui. Selain itu peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar dalam praktek finishing kayu juga mengalami kenaikan dari jumlah seluruh siswa 18 orang, 34 % pada siklus I meningkat menjadi 55% pada siklus II dan pada siklus III mencapai 100 %, dan target dalam penelitian ini untuk ketuntasan 80 % telah tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis proyek, finising kayu menggunakan politur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 07:09
Last Modified: 13 Nov 2015 07:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22003

Actions (login required)

View Item View Item